KUALITAS PELAYANAN KELOMPOK KERJA PELAPORAN DANA KAMPANYE DI LINGKUNGAN KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN BARITO TIMUR DARI ASPEK RESPONSIVENESS (DILIHAT DARI LAPORAN PENERIMAAN DAN PENGELUARAN DANA KAMPANYE TAHUN 2019)

Authors

  • Jamilah Jamilah Program Studi Ilmu Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Siti Arbayah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

kualitas pelayanan, kelompok kerja, responsiveness, dana kampanye, 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Kualitas Pelayanan Kelompok Kerja Pelaporan Dana Kampanye di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Timur dari Aspek Responsiveness Penerimaan Penyampaian Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) Partai Politik Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data melalui proses wawancara terstruktur (pedoman wawancara) disertai dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah penelitian data dipandang sebagai proses dalam mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh setelah mendapatkan data yang diperoleh dalam penelitian, maka selanjutnya adalah mengolah data yang terkumpul dengan menganalisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah mengambil sampel (jawaban) dari informan kunci (key informan) yang berhubungan dengan proses Penyampaian Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) Partai Politik Tahun 2019. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan Kelompok Kerja Pelaporan Dana Kampanye di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Timur dari Aspek Responsiveness (dilihat dari Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye Tahun 2019), 73,3% responden menganggap pelayanan yang diberikan oleh petugas atau aparatur atau kelompok kerja berkualitas dan dapat dikategorikan Responsiveness.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kelompok Kerja, Aspek Responsiveness dan  Laporan Penerimaaan dan Pengeluaran Dana Kampanye 2019

References

Afrizal. (2015). Metode Penelitian Kualitatif . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ali, M. (1985). Penellitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: PT Angkasa Pura.
Arief, M. (2011). Kualitas Pelayanan Publik di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar (Studi Kasus Pelayanan Jasa Penumpang). Jurnal Academica Fisip Untad.
Budiarjo, M. (2016). Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Budiyani, L. (2012). Kualitasi Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surakarta. Jurnal Ilmu Administrasi Publik .
Dosen, S. T. (2019). Pedoman Penulisan Skripsi . Tanjung: Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong (STIA).
Fahad, A. D. (2019). Kualitas Pelayanan Pergantian STNK 5 Tahun di Samsat Cibadak Kabupaten Sukabumi. Jurnal Governansi.
Kartiwa, A. (2015). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV Pustaka Setia.
Keputusan KPU RI Nomor 1126/PL01.6-Kpt/03/KPU/IX/2018. Tentang Pedoman Teknis Pelaporan Dana Kampanye Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Timur Melalui Kelompok Kerja Fasilitasi dan Pelayanan Pelaporan Dana Kampanye, Menerima dan Memfasilitasi Penyerahan Pelaporan Dana Kampanye Partai Pollitik.
Larasati, N. (2016). Kuallitas Pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional dalam Rangka Menjamin Perlindungan Kesehatan Bagi Peserta BPJS di RSUD dr. M. Soewandhie Kota Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kebijakan Publik, 4, 81-93.
Leo, A. (2008). Dasar-Dasar Kebijakan Publik . Bandung: Alfabeta.
Hasibuan. (2006). Manajemen Dasar: Pengertian dan Masalah . Jakarta: Bumi Aksara.
Nurmasari, D. I. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Publik dalam Pembuatan Surat Izin Gangguan (HO) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekanbaru (Studi Kasus: Usaha Cucian Mobil di Kecamatan Bukit Raya. Jurnal Ilmu Administrasi Publik .
Pasolong, H. (2016). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2019. Tentang Tata Kerja Komisi Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum Provinsi dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten.
Subarsono, A. (2004). Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Supriadi, A. (2012). Analisis Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Serang Banten. Jurnal Ilmu Administrasi Publik .
Syafiie, I. K. (2018). Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia (SANRI). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Syafiie, I. K., Aditama, R., & Soejito, I. (2015). Ilmu Administrasi. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017. Tentang Pemilihan Umum.
Yuningsih, R. (2016). Kualitas Pelayanan di Kantor Perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli di Kota Palu. Jurnal Katalogis.

Published

2021-04-10

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>