Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Kualitas Pelayanan Kelompok Kerja Pelaporan Dana Kampanye di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Timur dari Aspek Responsiveness Penerimaan Penyampaian Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) Partai Politik Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data melalui proses wawancara terstruktur (pedoman wawancara) disertai dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah penelitian data dipandang sebagai proses dalam mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh setelah mendapatkan data yang diperoleh dalam penelitian, maka selanjutnya adalah mengolah data yang terkumpul dengan menganalisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah mengambil sampel (jawaban) dari informan kunci (key informan) yang berhubungan dengan proses Penyampaian Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) Partai Politik Tahun 2019. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan Kelompok Kerja Pelaporan Dana Kampanye di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Timur dari Aspek Responsiveness (dilihat dari Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye Tahun 2019), 73,3% responden menganggap pelayanan yang diberikan oleh petugas atau aparatur atau kelompok kerja berkualitas dan dapat dikategorikan Responsiveness.


Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kelompok Kerja, Aspek Responsiveness danĀ  Laporan Penerimaaan dan Pengeluaran Dana Kampanye 2019