Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara tipe demokrasi terhadap partisipasi masyarakat dalam pembangunan jalan usaha tani studi kasus kepemimpinan kepala desa di Desa Madang kecamatan Muara Harus Kabupaten Tabalong.


Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif-kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kokumentadi dan kuesioner. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik (sampling insidental) dengan responden berjumlah 30 orang. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis atau uji Model Struktural yang dibantu dengan software GSCA.


Hasil penelitian terdapat hubungan kuat sebesar 0,576 antara tipe demokrasi terhadap partisipasi masyarakat dalam pembangunan jalan usaha tani studi kasus kepemimpinan kepala desa, dengan pengaruh nilai tipe demokrasi terhadap partisipasi masyarakat dalam pembangunan jalan usaha tani studi kasus kepemimpinan kepala desa di Desa Madang Kecamatan Muara Harus sebesar 56.3%, sedangkan variabel lain menyumbang sebesar 43.7%. Korelasi antara tipe demokrasi terhadap partisipasi masyarakat dalam pembangunan jalan usaha tani studi kasus kepemimpinan Kepala Desa di Desa Madang Kecamatan Muara Harus adalah positif dan signifikan.


Kata Kunci : Kepemimpinan, Partisipasi, Pembangunan Desa.