ANALISIS PERBEDAAN KUALITAS PELAYANAN SEBELUM DAN SESUDAH AKREDITASI DI UPTD PUSKESMAS BENTOT KECAMATAN PATANGKEP TUTUI KABUPATEN BARITO TIMUR

Authors

  • Rika Sisni Prodi Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Jauhar Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

kualitas, pelayanan, puskesmas, akreditasi, barito timur

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kualitas pelayanan di UPTD Puskesmas Bentot Kecamatan Patangkep Tutui Kabupaten Barito Timur sebelum dan sesudah akreditasi (2) Untuk mengetahui besarnya perbedaan kualitas pelayanan di UPTD Puskesmas Bentot Kecematan Patangkep Tutui Kabupaten Barito Timur sebelum dan sesudah akreditasi.

Menggunakan metode kuantitatif. Sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat yang mendapatkan pelayanan di UPTD Puskesmas Bentot Kecamatan Patangkep Tutui Kabupaten Barito Timur sebanyak 880 responden dengan presisi 20% untuk mendapatkan sampel. Metode analisa yang digunakan analisa SEM berbasis komponen GesCA.

Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada perbedaan kualitas pelayanan sebelum akreditasi dan sesudah akreditasi di UPTD Puskesmas Bentot Kecamatan Patangkep Tutui Kabupaten Barito Timur. (2) Besarnya perbedaan kualitas pelayanan sebelum akreditasi dan sesudah akreditasi di UPTD Puskesmas Bentot Kecamatan Patangkep Tutui Kabupaten Barito Timur adalah sebesar 17.26 (42.47 - 25.31) dan sisanya di pengaruhi oleh faktor lain diluar dari indikator yang digunakan dari penelitian ini.

Kata kunci : Kualitas Pelayanan, puskesmas,  Sebelum dan  Sesudah Akreditasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Arikunto. (1988). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Agus. E. S (2009). Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya
Burhan. B. (2005-2008). Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup
Pohan. (2003). Manfaat Pelayanan
Sugianto. (2010). Proses dan hasil Kerja berupa Produk atau Pelayanan Jasa. Jakarta: Alfabeta
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.
Tjiptono. K. (2001-2007). Kualitas Pelayanan
Zethamal. B. (1990). Delivering Quality Services, Belancing Customer Perceptions And Expectations” The Free Press, New York

Published

2020-10-27

How to Cite

Sisni, R., & Arifin, J. (2020). ANALISIS PERBEDAAN KUALITAS PELAYANAN SEBELUM DAN SESUDAH AKREDITASI DI UPTD PUSKESMAS BENTOT KECAMATAN PATANGKEP TUTUI KABUPATEN BARITO TIMUR. JAPB, 3(2), 1355–1370. Retrieved from https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/358

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>