ANALISIS KOMPETENSI ANGGOTA SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KABUPATEN TABALONG DALAM MELAKSANAKAN PENEGAKAN PERDA NO 08 TAHUN 2018 TENTANG PENYELENGGARAAN KETERTIBAN UMUM DAN KETENTRAMAN MASYARAKAT DILIHAT DARI SISI PEKERJA SEKS KOMERSIAL

Authors

  • Supian Hadi Prodi Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Budi Setiawati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

peraturan pemerintah, PSK, Seks, Tabalong, Jablay

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tabalong dalam melaksanakan penegakan perda Nomor 8 tahun 2018 Tentang penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat dilihat dari sisi pekerja seks komersial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tabalong. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga cara: (1) Wawancara; (2) Observasi; (3) Dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan skala pengukuran Skala Guttman. dimana nantinya jawaban menggunakan dua jawaban yang tegas dan konsisten, yang dapat berupa kata-kata antara lain 2 interval. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa (1)Anggota Sat Pol PP berhasil melakukan penegakan Perda terhadap pekerja seks komersial tanpa bentrokan, yaitu dengan menerapkan Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap. (2)Anggota Sat Pol PP sudah Kompeten dalam melaksanakan penegakan Perda dengan hasil menurunnya aktivitas asusila di Kabupaten Tabalong khususnya di Kecamatan Murung Pudak.

Kata kunci: Peraturan Pemerintah,Pekerja Seks Komersial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Lexy J. Moleong. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja.
Marzuki, 2005, Metodologi Riset, Yogyakarata: Ekonisia.
Muins, 2000. Profesionalisme Aparatur Negara Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Balai Pustaka, Jakarta
Maarif, Syamsul, 2003. Analisa Serta Perumusan Kebijakan dan Struktur Orgnisasi, Jakarta: Haji Mas Agung
Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi.Cetakan ke 2.Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Palan, 2007. Analisis Kebijakan Publik, Teori dan Aplikasinya, Malang: PT Danut Wijaya, Brawijayan University Press
Parulian Hutapea dan Nurianna Thoha. 2008. Kompetensi Plus: Teori, Desain, Kasus dan Penerapan untuk HR dan Organisasi yng Dinamis. Jakarta: Gramedia.
Spencer, Lyle M.Jr and Signe M., Spencer, 1993, Competence at Work Models for Superior Performance, New York, John Willey & Sons, Ic.
Suprapto. 2002. Sistem Administrasi Pemerintahan di Daerah, Bumi Aksara. Jakarta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV
Tim Peneliti BKN, (2003), Pedoman Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan Pegawai Negeri Sipil, Puslitbang BKN. Jakarta.
Afizirda. 2017. Pengaruh Komunikasi dan Kompetensi Terhadap Kinerja Satuan Polisi Pamong Praja di Kabupaten Bungo, Jambi: Universitas Terbuka Jakarta.
Asnan Mardianto. 2015. ANALISIS KOMPETENSI PEGAWAI (Studi Pada Tugas Pokok dan Fungsi di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kepulauan Riau), Riau: Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.
Fadilatul A Fatmawati. 2019. Analisis Beban Kerja Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekanbaru, Riau: Universitas Riau.
Nasruddin, 2018. Pengaruh Kompetensi Dan Pengawasan Terhadap KinerjaPegawai Pada Satuan Polisi Pamong Praja Dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan: STIE Mura Lubuklinggau.
Neneng Sofiyanti, Achmad Nawawi. 2017. Pengaruh Disiplin dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Karawang, Jawa Barat: Universitas Singaperbangsa Karawang.
Peraturan Pemerintah nomor 16 Tahun 2018 Tentang Peran Satuan Polisi Pamong Praja.
Peraturan Daerah Kabupaten Tabalong Nomor 08 Tahun 2018 Tentang penyelenggaraan ketertiban umum ketentraman masyarakat, BAB VIII Pasal 34 Tertib Sosial.

Published

2020-10-15

How to Cite

Hadi, S., & Setiawati, B. (2020). ANALISIS KOMPETENSI ANGGOTA SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KABUPATEN TABALONG DALAM MELAKSANAKAN PENEGAKAN PERDA NO 08 TAHUN 2018 TENTANG PENYELENGGARAAN KETERTIBAN UMUM DAN KETENTRAMAN MASYARAKAT DILIHAT DARI SISI PEKERJA SEKS KOMERSIAL. JAPB, 3(2), 1099–1110. Retrieved from https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/339

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>