DINAMIKA KELOMPOK ANYAMAN PURUN DESA HALANGAN KECAMATAN PUGAAN PADA DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PERLINDUNGAN ANAK PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Noor Jannah Prodi Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Budi Setiawati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

dinamika kelompok, kelompok, anyaman, purun, anyaman purun

Abstract

Dinamika Kelompok berarti  sebagai suatu kelompok yang teratur dari dua individu atau lebih yang mempunyai hubungan psikologis secara jelas antara anggota yang satu dengan anggota yang lain; antar anggota kelompok yang mempunyai hubungan psikologis yang berlangsung dalam situasi yang dialami secara bersama-sama, Slamet Santosa (2004: 5). Tujuan Penelitian yaitu untuk mengetahui dinamika kelompok pada usaha anyaman purun yang dikaji berdasarkan unsur-unsur dinamika kelompok.

Metode penelitian menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur dengan key informan sebanyak 10 orang informan dari anggota kelompok anyaman purun. Teknik analisis data mengacu pada konsep Miles & Huberman yaitu Intrective Model dalam Sugiyono (2013;95) menyajikan data dalam penelitian kualitatif adalah dengan teks yang bersifat naratif.

Hasil wawancara dapat disimpulkan dinamika kelompok pada usaha anyaman purun yang dikaji berdasarkan 9 unsur dinamika kelompok yaitu tujuan kelompok, struktur kelompok, fungsi tugas, pembinaan dan pengembangan kelompok, kekompakan kelompok, suasana kelompok, tekanan kelompok dan maksud terselubung sudah terbina dan terlaksana dengan baik. Hasil penelitian mengenai dinamika kelompok dilihat dari unsur-unsur dinamika kelompok, dinamika kelompok pada usaha anyaman purun dikategorikan dinamis.

Kata Kunci: Dinamika Kelompok, Anyaman Purun

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Amalia, Ayu Diah. 2017. "Dinamika Kelompok Dalam Usaha Bersama Kasus Kube Cempaka dan Kube Tulip di Kota Bogor." SOSIO KONSEPSIA Vol. 6, No. 03 302.
Anwas, M. Oos. 2013. Pemberdayaan Masyarakat di Era Global. Bandung: Alfabeta.
Diarsi Eka Yani, Idha Farida. 2017. "Dinamika Kelompok Sentra Penyuluhan Kehutanan dan Pedesaan Mangga Delima Taman Nasional Karimun Jawa." JSEP Vol 10 No. 3 Hal. 58-67.
Hartinah, Siti. 2009. Bimbingan Kelompok. Bandung: PT. Refika Aditama.
Idrus, Muhammad. 1996. Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan. Jakarta: Bumi Aksara.
Lestari, Mugi. 2011. Dinamika Kelompok dan Kemandirian Anggota Kelompok Tani dalam Berusahatani di Kecamatan Poncowarno Kabupaten Kebumen Propinsi Jawa Tengah. Thesis (Masters), Yogyakarta: Universitas Sebelas Maret.
Mirza. 2017. "Dinamika kelompok Wanita Tani Dalam Mendukung Keberlanjutan Usaha Tanaman Obat Keluarga Di Kabupaten Bogor."
Poluan, Juwendi. 2017. "Dinamika Kelompok Tani Maesaan Waya Di Desa Manembo, Kecamatan Langowan Selatan Volume 13 Nomor 1 A,." Agri-SosioEkonomi Unsrat, ISSN 1907– 4298 217 – 224.
Prijono, O.S., Pranarka,A.M.W. 1996. Pemberdayaan: Konsep, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: CSIS.
Risyanti., Rosmedi Dan Riza. 2005. Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: CV. Citra Utama.
Santoso, Slamet. 2004. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumaryadi. 2005. Perencanaan Pembangunan Daerah Otonom dan Pemberdayaan Masyarakat. Palembang: Alqaprit Jatinegoro.
Peraturan Menteri. Nomor 2 Tahun 2016. "Tentang Pedoman Umum Pembangunan Industri Rumahan untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Melalui Pemberdayaan Perempuan."
Zulkarnaen, Wilda. 2013. Dinamika Kelompok:latihan kepemimpinan pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Published

2020-10-15

How to Cite

Jannah, N., & Setiawati, B. (2020). DINAMIKA KELOMPOK ANYAMAN PURUN DESA HALANGAN KECAMATAN PUGAAN PADA DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PERLINDUNGAN ANAK PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KABUPATEN TABALONG. JAPB, 3(2), 1031–1041. Retrieved from https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/334

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>