EFEKTIFITAS PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN MELALUI MOBIL KELILING PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL (DISPENDUKCAPIL) DI KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Mochtar Lotfi Prodi Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Rahmi Hayati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

efektivitas, akta kelahiran, mobil keliling, DISDUKCAPIL

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh program mobil keliling terhadap tingkat keberhasilan dalam menunjang tujuan yang diharapkan dan menganalisis Efektifitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Melalui Mobil Keliling Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) di Kabupaten Tabalong.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis dan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu yang dikemukakan oleh Sugiyono yaitu wawancara, dengan key informan sebanyak 5 (lima) orang, yaitu 1 (satu) orang Administrator Data Base (ADB), 1 (satu) orang Operator SIAK, dan 3 (tiga) orang Masyarakat yang pernah melakukan pengajuan permohonan pembuatan akta kelahiran melalui mobil keliling.

Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang dikembangkan oleh Miles, Huberman, dan Saldana (2014) yang menggunakan model analisis interaktif dengan 3 (tiga) prosedur yaitu, Kondensasi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya mobil keliling masyarakat merasa dimudahkan karena tidak perlu lagi mendatangi kantor dinas pencatatan sipil, tidak perlu lagi mangantri saat pembuatan akta kelahiran, adanya pelayanan dihari libur, serta cepatnya proses pembuatan akta kelahiran yang selesai dalam satu hari. Secara otomatis efektifitas pelayanan pembuatan akta kelahiran melalui mobil keliling berpengaruh sangat tinggi terhadap kepemilikan akta kelahiran.

Kata Kunci: Efektifitas, Akta Kelahiran, Mobil Keliling

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Arsip Pedoman Penerbitan Akta Kelahiran Oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
Keputusan Kepala DISPENDUKCAPIL Kabupaten Tabalong Nomor: 414/02.1/KEP/DISDUKPENCAPIL/SET/01/2017 tentang Penetapan Standar Pelayanan
Kotler, P. (2000). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kumorotomo, W. (2005). Akuntabilitas Birokrasi Publik. Yogyakarta: MAP UGM dan Pustaka Pelajar.
Lukman, S. (2000). Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIA LAN Press.
Martono, N. (2015). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.
Mertokusumo, S. (2005). Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta.
Miles B, H. A. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3 USA: Sage Publication. Terjemahan Tjepjep Rohindi Rohidi. UI Press.
Mohyi. (1999). Teori Dan perilaku Organisasi. Malang: UMM Press.
Pasolong, H. (2016). Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: CV. Alfabeta.
Peraturan Pemerintah No. 40 Tahun 2019 tentang rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan.
Putri Wulandari, Y. S. (2017). Strategi Pengembangan Model inovasi MAPELING Akta Kelahiran di Kota Bandung. Bandung.
Rahamatono, G. R. (2018). Pelayanan E-KTP Melalui Mobiling Jemput Bola Oleh Dispenduk Capil Kota Kediri. Kediri.
Ratu Rahmayanti, H. (2016). Strategi Komunikasi dalam Pelayanan Publik "Mepeling" Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung. Bandung.
Steers, R. M. (1980). Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga.
Stephen P, R. (2006). Perilaku Organisai. Edisi Kesepuluh. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tangkilisan. (2005). Manajemen Publik. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Undang-undang No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
Undang-undang Republik Indonesia No. 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan.
Veronika Eka, N. F. (2019). Upaya Peningkatan Pelayanan Administrasi Kependudukan Dengan Adanya Mobil Keliling.
Yulita, M. (2019). Kualitas Pelayanan Publik Pada Unit Mobil Pelayanan SIM Keliling di Kota Pekanbaru. Pekanbaru.

Published

2020-10-15

How to Cite

Lotfi, M., & Hayati, R. (2020). EFEKTIFITAS PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN MELALUI MOBIL KELILING PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL (DISPENDUKCAPIL) DI KABUPATEN TABALONG. JAPB, 3(2), 975–988. Retrieved from https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/330

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>