EFEKTIVITAS PENERAPAN APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN NIKAH (SIMKAH) WEB DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN BANUA LAWAS KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Kartini Kartini Prodi Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Safrul Rijali Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

efektivitas, SIMKAH

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas penerapan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) Web di Kantor Urusan Agama Kecamatan Banua Lawas Kebupaten Tabalong.

Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif yaitu untuk memecahkan dan menjawab permasalahan yang sedang di hadapi dengan menempuh langkah-langkah pengumpulan data klarifikasi dan membuat kesimpulan tentang suatu keadaan secara objektif dalam suatu deskriptif situasi (Muhammad Ali, 1982:120). Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan Angket/Kuesioner yang mana penarikan sampel menggunakan purposive sampling yaitu 30 orang responden dengan pengambilan secara acak. Sedangkan analisa data yang di gunakan adalah analisis tabulasi yaitu analisa dengan menggunakan data-data tabulasi yang merupakan data olahan dari hasil penelitian yang dimasukan kedalam tabel dengan menggunakan rumus frekuensi yang dikemukakan oleh Muhammad Ali (1998:184).

Hasil penelitian tentang Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) Web di Kantor Urusan Agama Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong dapat disimpulkan sudah efektif. Hal ini dapat dilihat dari rekapitulasi dengan hasil presentasi 47,1%.

Kata Kunci: Efektivitas, SIMKAH

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
BUKU:
Aina, N. (2017). Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Nikah (SIMKAH) di Kantor Urusan Agama Kecamatan Muara Harus Kabupaten Tabalong. Dalam Skripsi. Tanjung: Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong.
Ali, M. (1985). Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.
Ayu, O. (2018). Penerapan Sistem Informasi Manajemen (SIMKAH) dalam peningkatan mutu pelayanan nikah di Kantor Urusan Agama Cimahi Selatan. Dalam Skripsi. Bandung: Universitas Gunung Djati.
Bodnar, G. H. (2006). Sistem Informasi Akuntansi. . Dalam Di terjemahkan oleh Amir Abadi Jusuf & R. M Tambunan (hal. Edisi Sembilan. Buku Satu). Jakarta: Salemba Empat.
Buletin. (2009). Penghulu layanan berbasis IT. Kementerian Agama.
Hapsari, R. L. (2015). Sistem Informasi Manajemen berbasis tekhnologi informasi di kantor urusan agama kecamatan seygelan seleman. Universitas Negeri Yogyakarta.
Haq, R. S. (2016). Efektivitas Program Sistem Informasi Manajemen (SIMKAH) Sebagai upaya pencegahan manipulasi data (Studi Kantor Urusan Agama Selebar Bengkulu). Dalam Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Mahmudi. (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Jakarta: Bumi Aksara.
Mayangsari, R. R., & Fanida, E. H. (2012). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah SIMKAH. Jurnal Hukum , Vol 3 No.1.
Mcleod, R. (2010). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Nanang, (2015). Metode Penelitian Sosial, Jakarta, PT. Gramedia.
Pedoman Penulisan Skripsi. (2019/2020). Tanjung: Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong.
Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yasa, A. B., & Purnama, M. I. (2019). Efektivitas Penerapan SIMKAH di KUA Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Samarah:Jurnal Hukum , Volume 3 No1 31 Halaman.
PERATURAN /UNDANG-UNDANG:
Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1975 tentang pelaksanakaan Undang-Undang Nomo 1 Tahun 1974Tentang Perkawinan/Pernikahan. Jakarta.
Profil Kantor Urusan Agama Kecamatan Banua Lawas 2019. Banua Lawas.
Undang-Undang Nomo 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan/Pernikahan. Departemen Agama Republik Indonesia.
WEBSITE:
Al-Asyar, T. (t.thn.). SIMKAH: cara baru pelayanan administrasi nikah di era digital. Diambil kembali dari https://bimasislam.kemenag.go.id/preview/simkah-cara-baru-pelayanan-administrasi-nikah-di-era-digital.
Sistem Informasi Manajemen Nikah. (2015). Diambil kembali dari www.kemenag.simkah.go.id.

Published

2020-10-15

How to Cite

Kartini, K., & Rijali, S. (2020). EFEKTIVITAS PENERAPAN APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN NIKAH (SIMKAH) WEB DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN BANUA LAWAS KABUPATEN TABALONG. JAPB, 3(2), 948–960. Retrieved from https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/328

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>