EFEKTIVITAS TINGKAT PENERIMAAN PAJAK SEBELUM DAN SESUDAH PENGGUNAAN PAJAK ONLINE DI BADAN PENGELOLA PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH KABUPATEN TABALONG (Studi Kasus Pada Restoran Aston Tanjung Kabupaten Tabalong)

Authors

  • Erni Ekawati Prodi Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Budi Setiawati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

efektivitas, penerimaan pajak, pajak, penggunaan pajak online, restoran, tanjung, aston

Abstract

Penelitian tentang efektivitas tingkat penerimaan pajak sebelum dan sesudah penggunaan pajak online di Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah Kabupaten Tabalong khususnya pada Restoran Hotel Aston penting untuk dilakukan, karena untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas tingkat penerimaan pajak sebelum dan sesudah penggunaan pajak online di Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah Kabupaten Tabalong khusunya pada restoran hotel aston sebagai hotel berbintang yang ada di Kabupaten Tabalong.

1) Menggunakan jenis dan pendekatan deskriptif kuantitatif. 2) Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi laporan tahunan. 3) Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dideskripsikan dengan cara menggunakan analisis persentase

Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas penerimaan pajak sebelum dan sesudah penggunaan Pajak Online pada Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Tabalong khususnya pada Restoran Aston Tanjung Tabalong di atas, maka dapat dibuat rekapitulasi Pendapatan Asli Daerah khususnya pada Pajak Restoran pada tahun 2016 sampai dengan 2019 yaitu sebesar Rp 3.769.205.800 dengan realisasi mencapai Rp 4.171.375.021 persentse mencapai 110,67% dan jika dimasukan ke dalam range tabulasi didapat hasil Sangat Efektif.

Kata Kunci :  Efektivitas, Penerimaan Pajak, Penggunaan Pajak Online

References

DAFTAR PUSTAKA

Adityo, R Dimas. (2015). Sistem Informasi Pelaporan Pajak Hotel Secara Online Pada Dinas Pendapatan Kota Pasuruan (Jawa Timur). Jurnal Publikasi Universitas Bhayangkara Surabaya. Vol. 3 No 2 Juli-Desember 2015,44
Agung, Kurniawan. (2005). Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta : Pembaharuan
AH, Prihartono. (2012). Manajemen Pelayanan Prima Dilengkapi dengan Etika Profesi untuk Kinerja Kantor. Bandung : Andi Offset
Ali, Muhammad. (1998). Penelitian Prosedur dan Strategis. Bandung : Angkasa
Azhar, Susanto. (2005). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta : Ghaila Indonesia
Dunn, William N. (2003). Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press
Edy, Sutrisno. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Pertama Cetakan Pertama. Jakarta : Kencana
Effendy, Onong Uchjana. (2008). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktik. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Halim, Abdul. (2004). Akuntansi Keuangan Daerah Edisi Revisi. Jakarta : Salemba Empat
Ismail, Tjip. (2007). Pengaturan Pajak Daerah di Indonesia. Jakarta : Yellow Printing
Leliya. (2016). Efektivitas Sistem Pembayaran Pajak Daerah Online Dalam Peningkatan Pendapatan Daerah Kota Cirebon. Jurnal Publikasi IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Vol. 4 No 2 Januari-Juni 2016, 23
Martani, Dwi, (2005). Kepatuhan Pajak dalam Perpajakan (Transparansi Akuntabilitas) Economics Bussiness Accounting Review Edisi I,FEUI. Jakarta : Departemen Akuntansi
Nugroho, Riant. (2014). Public Policy. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo
Putra Pratama, Renaldo. (2016). Efektivitas Penerimaan Pajak Restoran Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) (studi pada Dinas Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Kediri). Jurnal Publikasi Universitas Brawijaya. Vol. 30 No 1 Juli-Desember 2016, 76
Rochmadika, Doni. (2015). Analisis Efektivitas Penerimaan Dan Pertumbuhan Pajak Restoran Sebagai Salah Satu Sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) (studi pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Batu tahun 2008-2013). Jurnal Publikasi Universitas Brawijaya. Vol. 1 No 1 Januari-Juni 2015, 88
Sari, Puspita. (2018). Analisis Efektivitas Dan Kontribusi Pajak Hotel Dan Pajak Restoran Terhadap Penerimaan Pendapatan Asli Daerah Pada BPKPD Surabaya. Jurnal Publikasi STIE Perbanas Surabaya. Vol. 1 No 1 Juli-Desember 2018, 67
Siagian, Sondang P. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi. Pertama). Jakarta : Binapura Aksara
Siahaan, Marihot P. (2006). Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Edisi 1-2. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Sidik, Machfud. (2005). Optimalisasi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Keuangan Daerah. Yogyakarta : Kanisius
Soewarno, Handayaningrat. (2006). Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta : Gunung Agung
Solichin, Abdul Wahab. (2008). Analisis Kebijakan : Dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara Edisi Kedua. Jakarta : Bumi Aksara
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta
Suharno. (2010). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Yogyakarta : UNY Press
Suyadi, Prawirosentono. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta : BPFE
Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah Waluyo., & Ilyas, Wirawan B. (2000). Perpajakan Indonesia Cetakan Kedua. Jakarta : Penerbit Salemba Empat
Winarno, Budi. (2007). Kebijakan Publik :Teori dan Proses. Yogyakarta : Med Press

Published

2020-10-15

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>