KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI ( SIM ) C DI POLRES HULU SUNGAI UTARA

Authors

  • Sumardi Sumardi Prodi Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Budi Setiawati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Lilis Suryani Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

kualitas pelayanan, pelayanan, SIM, POLRI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan   Pembuatan   Surat   Izin Mengemudi (SIM) C di Polres Hulu Sungai Utara Serta  Faktor – Faktor Apa saja yang mempengaruhi Pelayanan Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) C di Polres Hulu Sungai Utara.

Penelitian ini menjelaskan tentang beberapa indikator yang digunakan untuk mengukur Kualitas Pelayanan menurut Tjiptono (1995) dalam Hardiansyah (2011:41) yaitu 1. Ketepatan Waktu 2. Akurasi Pelayanan  3. Kesopanan 4. Kemudahan 5. Kenyamanan 6. Atribut Pendukung.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan Kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam melakukan  pengumpulan data yaitu angket,observasi,wawancara dan dokumentasi.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Keramahan petugas dalam menjalankan pelayanan sudah berjalan dengan baik dan   berkualitas pelayanan pembuatan surat izin mengemudi (SIM) C di Polres Hulu Sungai Utara  berkualitas,  Melihat dari kesimpulan diatas, saran yang dapat disampaikan penulis yaitu: untuk meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Polres Hulu Sungai Utara maka perlu peningkatan secara Maksimal antara lain,waktu tunggu agar pelayanan berjalan cepat dan tidak menunggu lama,waktu Proses Pelayanan agar petugas semaksimal mungkin untuk mempercepat pelayanan dengan inovasi – inovasi yang dimiliki, Penambahan Atribut pendukung pelayanan dan ketersediaan Informasi sehingga memudahkan masyarakat yang harus di layani.

Katakunci : Kualitas Pelayanan ; SIM ; POLRI

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Arisutra,Dartaji.2005. Deminsi Kualitas Pelayanan.Gremedia Pustaka. Jakarta.
Budiman,Rusli.2014 Pelayanan Publik di Era Reformasi. Renike Cipta. Jakarta.
Ferry,Anggoro.S.R.2008. Pelayanan Publik dan Pengelolaan Infrastruktur Perkotaan. Sinergi Publishing. Yogyakarta.
Gaspersz, Vincent. 2001. Total Quality Manajemen. Gramedia. Jakarta.
Herdiyansyah.2011. Kualitas Pelayanan Publik,Gava Media, Yogyakarta
Lukman, Sampara.2000.Manajemen Kualitas Pelayanan.STIA LAN Pres.Jakarta.
Moleong, Lexy.1990.Metodelogi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdya Karya. Bandung.
Margaretha.2004.Kualitas Pelayanan : Teori dan Aplikasi.Mandar Maju,.Jakarta
Nasutions, MN. 2005.Manajemen Pelayanan Terpadu Edisi Kedua, Ghalia Indinesia.Jakarta
Ratminto, & Atik Septi Winarsih.2005. Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar.Yogyakarta.
Sutopo, H.B. 2002. Metodelogi Penelitian Kualitataif. Sebelas Maret University Press. Surakarta
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi.2019. Pedoman Penulisan Skripsi. Tabalong.
Sogiono.2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Alfabeta Bandung.
Tjiptono, Fandy, & Anastasia Diana.1995. Total Quality Manajemen.Andi. Yogyakarta
Tjiptono, Fandy.2001. Prinsip – Prinsip Total Quality Service.Andi.Yogyakarta.

Peraturan-Peraturan :
Undang-Undang Nomor 2 TAHUN 2002 Tentang Kepolisian Negara Republin Indonesia pada pasal 5 ayat (2) c. dinyatakan bahwa Kepolisian Negara Republik Indonesia Sesuai dengan peraturan perundang-undangan lainnya berwenang memberikan surat ijin mengemudi kendaraan bermotor
Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, Bab VIII bagian kesatuan tentang Surat zIzin Mengemudi (SIM)
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2016 tentang jenis dan tarif Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia
Nomor 09 Tahun 2012 tentang Surat ijin mengemudi

Naskah Ilmiah :
Suherman, (2014) Kualitas pelayanan pembuatan Surat IzinMengemudi (SIM) C Kendaraan Sepada Motor pada Unit Pelayanan SIM Satuan Lalu Linrtas (SATLANTAS )Polisi Resor Kota Besar ( POLRESTABES) Bandung. Bandung. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Komputer Indonesia, Alamat Bandung Jawa Barat. http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea... Accesed on July, 21, 2019.
Charine Sambi Kala Lembang, 2015 Pelaksanaan Pelayanan Surat Izin Pengemudi (SIM) di Wilayah Hukum Polres Tana Toraja untuk mewujudkan Pelayanan Publik yang Optimal. Fakultas Hukum, Universitas Hasanuddin Makasar.
http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/24417 Accesed on July,21, 2019.
Andhika Hanandita, 2017 Kualitas Pelayanan Perpanjangan SIM (Surat Izin Mengemudi) Keliling di Polantas Surabaa (Studi di wilayah Taman Bungkul Surabaya). Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.Alamat Taman Bungkul Surabaya.
http://eprints.upnjatim.ac.id/6220/1/file1.pdf. Accesed on July,21, 2019

Published

2020-10-05

How to Cite

Sumardi, S., Setiawati, B., & Suryani, L. (2020). KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI ( SIM ) C DI POLRES HULU SUNGAI UTARA. JAPB, 3(2), 653–671. Retrieved from https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/305

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>