PENGARUH PROFESIONALISME KERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN TANTA KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Rusmilawati Rusmilawati Prodi Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Jauhar Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Heni Suparti Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

profesionalisme, kerja pegawai, pegawai, kualitas pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh profesionalisme kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong dan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh profesionalisme kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif . Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi dan angket dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang responden dan Teknik Analisa data menggunakan regresi linear sederhana.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Ada Pengaruh Profesionalisme Kerja Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong sebesar 74,5%, sisanya sebesar 25,5% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Profesionalisme Kerja Pegawai, Kualitas Pelayanan Publik

References

DAFTAR PUSTAKA
Buku
Alwis, 2002. Perubahan Budaya Organisasi di Dalam Pelayanan Birokrasi Pemerintahan. Jiana Fisip – Unri, Pekanbaru.
Carolina. 1993. Wacana Pengembangan Kepegawaian. Jakarta: Badan Kepegawaian Negara.
Dwiyanto, Agus. 2008. Reformasi Birokrasi Publik Di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Gibson, I. Donnely. 1992. Organisasi dan Manajemen. Terjemahan Djarkasih. Jakarta : Erlangga.
Harefa, Andreas, 2004. Membangkitkan Etos Profesionalisme. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Hamalik, Oemar. 2000. Pengembangan Sumber Daya Manusia, Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan, Pendekatan Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Hadi, Sutrisno. 2000. Metodelogi Research. Yogyakarta : Andi Offset
Tjokrowinoto, Moeljarto. 1996. Pembangunan Dilema dan Tantangan. Cetakan I. Yogyakarta : Pustaka Pelajar (Anggota IKAPI).
Kasmir, 2006. Kewirausahaan. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Kurniawan, Agung. 2005. Tranformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan
Maister, David H., 1998. Profesionalisme Sejati. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Moenir 2000. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta, PT. Bumi Aksara.
Oerip F.X., dan T.A. Oetomo, 2000. Mengatasi Krisis Manusia di Perusahaan. Grasindo, Jakarta.
Rajab, Budi, 2002. Profesionalisme Dalam Peralihan Peradaban. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Siagian, Sondang P. 2003. Administrasi Pembangunan, Ed. Kedua. Cetakan ketiga. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Sinambela, Poltak. 2006. Reformasi Pelayanan Publik, Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.
Siagian P, Sondang. 2000. Peranan Staf dalam Manajemen. Jakarta : Gumi Aksara.
Sinambela, Lijan Poltak. 2008. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.
Jurnal
Andila Mandasari .2014. Judul Penelitian “Pengaruh Profesionalisme Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kutai Barat”: Jurnal Administrasi Publik (JAP).
Amalia. 2017. Judul Penelitian “Pengaruh Profesionalisme Kerja Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Kecamatan Sungai Kunjang Samarinda”: Jurnal Administrasi Publik (JAP).
Ayu Retno Kumala Dewi. 2013.Judul Penelitian “Pengaruh Profesionalisme Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Kepada Pasien Rawat Inap di RSUD dr. Abdoer Rahem Kabupaten Situbondo”: Jurnal Administrasi Publik (JAP).
Rizky Agusriani Hakim Daulay. 2013.Judul Penelitian “Profesionalisme Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan PublikStudi pada kantor badan statistik kabupaten mandailing natal”: Jurnal Administrasi Publik (JAP).
Istinov Faqi. 2010.Judul Penelitian “Pengaruh Profesionalisme Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Pelanggan Di Plasa Telkom Pekanbaru”:Jurnal Administrasi Publik (JAP).
Dokumen
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara

Published

2020-10-05

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>