KEBIJAKAN PROGRAM BERAS MISKIN DI DESA WAYAU KECAMATAN TANJUNG KABUPTEN TABALONG (DITINJAU DARI SUDUT SDM DAN KOMUNIKASI)

Authors

  • Novi Rahman Prodi Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Rahmi Hayati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Syahrani Syahrani Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

kebijakan, RASKIN, Program Beras Miskin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan memberikan gambaran pelaksanaan Implementasi Kebijakan Program Beras Miskin di Desa Wayau Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong, serta faktor-faktor penghambat dalam Implementasi Kebijakan Program Beras Miskin. Metode penelitian  yang digunakan adalah analisis data Kualitatif di sajikan secara deskriptif. Serta penelitian menggunakan analisis data yang dikembangkan oleh Miles, Huberman, dan Saldana (2014). Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder yang berkaitan dengan situasi dan kondisi empiris Implementasi Kebijakan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa implementasi Kebijakan Program Beras Miskin di Desa Wayau Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong terlaksana dengan baik. Namun terdapat faktor penghambat Kebijakan Implementasi Kebijakan Program Beras Miskin di Desa Wayau, kemampuan sumber daya manusianya yang masih di rasakan kurang, serta informasi yang di sampaikan kemasyarakatan terkait dengan pelaksanaan program masih lemah. Saran dalam rangka pelaksanaan program yaitu Kepala Desa perlu lebih menekankan penerima yang benar-benar berhak dengan menyesuaikan pada syarat-syarat penerima rumah tangga yang berhak menerima Raskin. Perlunya penambahan frekuensi sosialisasi program Raskin baik kepada masyarakat penerima manfaat dan juga masyarakat yang lain agar masyarakat tersebut betul-betul memahami tentang hak dan kewajiban dalam menerima program Raskin adanya peningkatan komunikasi, koordinasi dan kerjasama yang lebih baik antar lembaga pemerintah penentu kebijakan dengan masyarakat penerima manfaat Raskin.

Kata Kunci : Kebijakan, Program Beras Miskin (RASKIN)

References

DAFTAR PUSTAKA
Abdul Wahab,Solihin.(2005).Analisis Kebijakan Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara. Jakarta: Bumi aksara
Afrizal. (2015). Metode Penelitian Kualitatif : sebuah upaya medukung penggunaaan penelitian kualitatif dalam disiplin ilmu. Jakarta : Rajawali Pers.
Agustino,Leo,2008.Publik Dan Kebijakan Publik,Bandung: Aldo Bandung-Pusat KPEW Lemit UNPAD.
Dewi Mailani (2015),“Implementasi Program Beras Miskin Untuk Masyarakat Miskin (Raskin) Di Desa Sungai Ambawang Kuala Kecamatan Kubu Raya”. FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak.
Martono,nanang.(2015).Metode Penelitian Sosial.Jakarta: Rajawali Pers.
Noorma Arliyanti.(2013).Impementasi Kebijakan Program Beras Miskin (RASKIN) Di Kelurahan Hikun Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong. Tanjung.STIA Tabalong.
Nugroho,Rian, Kebijakan Publik, formulasi,Implementasi,dan Evaluasi.Penerbit, PT.Alex Media Komputindo, Jakarta,2003.
Pasolong, harbani. (2010). Teori Administrasi Publik. Jakarta: Alfabet.
Subarsono, 2005. Analisis Kebijakan Publik, Konsep, Teori dan Aplikasinya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Subiyanto,Arief (2007) Metode dan Teknik Penelitian Sosial. Yogyakarta : C.V ANDI EFFSET.
Sugiyono.(2013).Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&B.Bandung: Alfabet.
Syafie.Inu Kencana.(2013).Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia (SANRI). Jakarta: Bumi Aksara.
Tim Dosen.2017. Pedoman Penulisan Skripsi dan Penulisan Usulan Penelitian (UP).Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong.
William N.Dunn(2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press
W.J.S Poerwadarmint, 19984. Kamus Bahasan Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka.
Dokumen -dukumen
Peraturan Presiden RI No. 24 Tahun 2010 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan
Keputusan mentri koodinator Bidang kesejahteraan Rakyat N0.35 Tahun 2008 Tentang Tim Koordinasi Raskin Pusat
Pedoman Umum Raskin 2015, Kementrian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia, Keputusan Mentri Koordinator Bdang Kesejateraan Rakyat Nomor 54 Tahun 2014.
Peraturan Bupati Tabalong 2016 yang berkaitan tentang Subsidi Beras Untuk Keluarga Miskin/Beras untuk Kesejahteraan Gratis Kabupaten Tabalong Nomor 04 Tahun 2016.
Profil Desa (2017), Desa Wayau Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong

Published

2020-10-05

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>