PENGARUH KUALITAS PELAYANAN SURAT KETERANGAN TANDA LAPOR KEHILANGAN (SKTLK) TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA POLSEK MURUNG PUDAK KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Natanail Tarigan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Budi Setiawati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Heni Suparti Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

kualitas pelayanan, kepuasan masyarakat

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada : 1) Pengaruh Kualitas Pelayanan SKTLK terhadap Kepuasan Masyarakat . 2) Seberapa besar Pengaruh Kualitas Pelayanan SKTLK terhadap Kepuasan Masyarakat pada Polsek Murung Pudak Kabupaten Tabalong.

Dalam penelitian menggunakan teknik simple random sampling dimana teknik pengambilan sampel diambil secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada  didalam populasi itu menggunakan rumus slovin. Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek/subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari, dimana populasi dimaksud adalah seluruh masyarakat yang telah mendapatkan pelayanan SKTLK pada Polsek Murung Pudak selama satu bulan yang berjumlah 135 orang dan dibulatkan menjadi 100 responden . Instrumen dalam penelitian ini menggunakan skala likert 4 poin dengan tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan penggabungan beberapa metode yakni Kuesioner, Particifant Observation serta dokumentasi , kemudian data yang dikumpulkan diuji menggunakan regresi linear sederhana yang  dihitung menggunakan Program SPSS Versi 23.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kualitas pelayanan SKTLK bepengaruh signifikan  terhadap kepuasan masyarakat pada Polsek Murung Pudak. 2) Kualitas pelayanan SKTLK berpengaruh sebesar 95,8 % terhadap kepuasan masyarakat, sedangkan sisanya 4,2% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.

Kata kunci : Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Masyarakat

References

DAFTAR PUSTAKA
Agung, Kurniawan.2005.Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta : Pembaharuan
Arikunto, Suharimi,Prof.,Dr. 2006.Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Boediono,B. 2003.Pelayanan Prima. Jakarta : Rineka Cipta
Lupiyoadi dan Hamdani,.2006. .Jakarta : Salemba Empat
Mahsun, Muhammad. 2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik.
Moenir H.A.S. 1997. Manajemen Pelayanan Umum. Bumi Aksara. Jakarta.
Pasolong, Harbani. 2008. Kepemimpinan Birokrasi. Bandung : cv. Alfabeta
Siagian, P.Sondang. (1996). Manajmen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta.
Philip Kotler dan Gary Armstrong. 2001. Dasar-Dasar Manajemen. Jilid 1,.PT.Indeks : Gramedia.
Sugiono. 2011. Metode Penelitian Publik,.Bandung : Alphabeta.
Tika, P. 2006. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kerja Perusahaan.Jakarta : PT. Bumi Aksara
Tim Penulis Sekolah Tinggi Ilmu Administarsi Tabalong.2018. Pedoman Penulisan Skripsi. Tabalong: STIAT
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur NegaraNo. 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Undang – Undang Nomor 02 Tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 16/KEP/M.PAN/2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Diah Ayu, Sanggarwati.2016.Kinerja Staf Dan Efektivitas Kerja Aparat Pemerintah Desa Kramat Jegu Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo Terhadap Kepuasan Masyarakat. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika.
Dedik, Wiryawan .2017.Pengaruh Efektivitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Pelabuhan Speedboat Kayan II Tanjung Selor. Universitas Negeri Medan.
Muhammad, Yunus. Bandu Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. PLN (Persero) Rayon. Universitas Negeri Makassar.
Juli, Omar Sinaga. 2017.Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pelaksanaan Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Di Kecamatan Nongsa. Prodi Administrasi Bisnis Terapan Politeknik Negeri Batam.
Zulfi, Ahaditya Arif Nugraheni.2016. Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang.Universitas Negeri Yogyakarta.

Published

2020-06-11

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>