KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN E-KTP DILIHAT DARI ASPEK RESPONSIVENESS (DAYA TANGGAP) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Muhammad Syabani Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Wahyu Subadi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Suwandi Suwandi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

kualitas, pelayanan, KTP

Abstract

Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan salah satu instrumen paling penting dalam administrasi kependudukan. Administrasi Kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan. Dalam proses pelayanan pembuatan KTP sebagian masyarakat masih belum merasa puas atas pelayanan yang didapatkan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Pembuatan E-KTP Dilihat Dari Aspek Responsiveness (Daya Tanggap) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tabalong, serta mengetahui faktor penghambat dalam kualitas pelayanan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data yaitu angket / kuisioner, observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan pembuatan kartu tanda penduduk dilihat dari aspek Responsiveness (daya tanggap) di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tabalong sudah bisa dikatakan “Berkualitas” dengan hasil 63,1%. Adapun faktor penghambat yang ditemukan yaitu kurangnya kepedulian pegawai dalam proses pelayanan pengambilan foto dan blangko yang sering kali kosong.

Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, Kartu Tanda Penduduk Elektronik

References

DAFTAR PUSTAKA
Buku
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bandung: Alfabeta.
Jonathan, Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu Parasuraman, A. V.A. Zeithaml, and
L.L. Berry. 1990. Serqual: A Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perseptions of Service Quality, Journal of Retailing. Vol.64. No. pp. 12-40
Pasolong, Harbani. 2007. Teori Adminstrasi Publik. Bandung: CV. Alfabeta
Purwanto, Agus, Erwan dan Dyah Ratih Sulistyastuti. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif. untuk Administrasi Publik, dan Masalah-Masalah Sosial.Yogyakarta: Gaya Media.
Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.
Usman, Husaini dan R. Purnomo Setiady Akbar. 2008. Pengantar Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Dokumen
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2007 Tentang Administrasi Kependudukan.
Kepmempan Nomor 63/KEP/M.PAN/7/ 2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Kepmempan Nomor KEP/25/M.PAN/2/ 2004 Tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah Tentang Pelayanan Publik.
Permendegri Nomor 9 Tahun 2011 Tentang Pedoman Penerbitan KTP Berbasis NIK Secara Nasional
Internet
http://www.dukcapil.kemendagri.go.id
/detail/pelayanan-prima- pembuatan-e-ktp
http://capiltabalong.net

Published

2020-06-11

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>