EFEKTIVITAS SISTEM PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) DI DINAS PENANAMAN MODAL PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPM-PTSP) KABUPATEN BARITO TIMUR

Authors

  • Jully Araytu Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Jauhar Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Wahyu Subadi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

Efektivitas, IMB, Sistem Pelayanan, pelayanan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui dan menganalisis sistem pelayanan izin IMB di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) di Kabupaten Barito Timur. 2. Untuk memahami dan menganalisis faktor- faktor apa yang menghambat sistem pelayanan perizinan di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) di Kabupaten Barito Timur.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, angket, dan studi kepustakaan. Indikator penelitian : prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, produk pelayanan, biaya pelayanan, sarana dan prasarana, kompetensi petugas pelayanan. Sampel yang di gunakan sebanyak 13 orang.

Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan pada Dinas Penenaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Barito Timur maka dapat di simpulkan bahwa sistem pelayanan izin mendirikan bangunan di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) memperoleh persentase 67.94% dan dapat di kategorikan efektif.

Kata Kunci : Efektivitas, sistem pelayanan IMB

References

DAFTAR PUSTAKA
Birokrasi Pemerintah Dan Politik Orde Baru : Kajian Awal Jakarta: Masyarakat Ilmu Pemerintah Indonesia (MIPI).
Faried, Ali, 2012, Studi Kebijakan Pemerintah, Bandung: Refika Aditama Hatminto, dkk, 2005, Manajemen Pelayanan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Imelda Febliany, 2014, Efektivitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Terhadap Penyerapan Investasi di Kalimantan Timur. Jurnal
Leny Ismayanti, 2015, Efektivitas Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kabupaten Malang. Jurnal
Lukman, Sampara., Manajemen Kualitas Pelayanan, 2000, Jakarta: STIA-LAN Press.
Moenir, H.A.S, 1995 Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara
M. Amir. HT, 2016, Efektivitas Tata Kelola dan Prosedur Pelayanan Perizinan Investasi Yang Evisien, Transparan dan Terpadu di Provinsi Jawa Timur. Jurnal
Martono, 2005, Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif.
Ravianto,1989, Teori Efektivitas
Sampara, 2011, Definisi Pelayanan Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI
Siagaan, 2001, Pengertian Efektivitas
Miles, 2004, Analisis Data Kualitatif
Nasir.M, 1988, Metode Penelitian, Jakarta: Galia
Ratwinto dan Winarsih Atik Septi, 2000 Manajemen Pelayanan, Yogyakarta: Pustka Pelajar
Rasyid, M. Ryass, 1997, Makna Pemerintah, PT. Mutiara Sumber Widya, Jakarta.
Romi Juandi, 2016, Efektivitas Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Bandung. Jurnal
S.Pramudji, 1983, Ekologi Administrasi Negara, Jakarta: Bina Aksara
Sinanbela, Lijan Poltak, 2006, Repormasi Pelayanan Publik: Teori Kebijakan dan Implementasi, Jakarta : Bina Aksar
Supranto,J, Pengakuran, 2001, Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Jakarta: Rineke Cipta.
Tjiptono, Fandy, 2004, Manajemen Jasa, Yogyakarta: Andi
Dokomen-Dokomen
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal;
Peraturan Kepala BKPM Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Tata Cara Pelaksanaan, Pembinaan, dan Pelaporan Pelayanan Terpadu
Satu Pintu di Bidang Penanaman Modal;
Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2010 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Barito Timur;
Pengertian Pelayanan Publik Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik
Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 Mengisyaratkan Adanya Prinsip Pemberian Otonomi Yang Luas, Nyata dan Bertanggung Jawab
Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 100/757/OTDA
Jurnal
Leny Ismayanti,2015, Efektivitas Penyelenggaraan Pelayanan Tepadu Satu Pintu, Malang.
Imelda Febliany, 2014, Efektivitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Terhadap Penyerapan Investasi, Kalimantan Timur.
M. Amir. HT, 2016, Efektivitas Tata Kelola dan Prosedur Pelayanan Perizinan Investasi Yang Efisien, Transparan dan Terpadu, Jawa Timur.
Romi Juandi, 2016, Efektivitas Badan Pelayanan Perizinan Terpadu, Bandung
Alamat Situs
http://itjen.deptan.go.id/berkas_uploa d/kepmenpan%20nomor%20 63%20tahun %202003.pdf
http:/itjen.deptan.go.id/index.php/per aturan-perundangan/163- kepemnpannomor63
http://usepmulyana.files.wordpress.c om/2009/02/standar- pelayanan-publik.pdf
http://administrasidanmanajemen.blo gspot.com/2009/01/prinsip- prinsip-pelayanan-prima.html
http:/kbbi.web.id/efektivitas.html

Published

2020-06-04

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>