PENGARUH KUALITAS PELAYANAN BPJS TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI APOTEK K-24 TANJUNG TABALONG
Keywords:
Kualitas, Kepuasan MasyarakatAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan BPJS Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Apotek K-24 Tanjung Tabalong, kerangka penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat. Penelitian ini menggunakan indikator kualitas pelayanan yang terdiri dari penelitian Tangibles, Empathy, Reliability, Responsive dan Assurance. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 60 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Sedangkan metode analisis data menggunakan GSCA. Hasil dari penelitian ini yaitu Ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di Apotek K-24 Tanjung Tabalong. Besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di Apotek k-24 Tanjung Tabalong adalah sebesar 57,9% dan sisanya sebesar 42,1% dipengaruhi oleh faktor lain yaitu faktor motivasi,kompensasi dan pimpinan.
Kata Kunci : Kualitas,Kepuasan Masyarakat
References
Ayut Dewantari Putri1,Dewi Pas-carani2,Kadek Wiwin Dwi Wisma-yati3,Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta BPJS Di Rumah Sa-kit Tingkat II Udayana Denpasar (2014).
Abidin,Pengaruh Kualitas Pelayanan Bpjs Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskemas Cempae Kota Parepare (2016),
Baby SilviaPutri1,Lindawati Kartika2, Pengaruh Kualitas Pelayanan BPJS Kesehatan Terhadap Kepuasan Pengguna Perspektif Dokter Ru-mah Sakit Hermina Bogor (2017).
Elsara Rizkia1.Hendrati Dwi Mulyaning-sih2,Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien (studi pada pasien rawat jalan peserta BPJS kesehatan di RSUD Al Ihsan Kabupaten Bandung)”,(2017)
Herta, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada UPTD Puskesmas Pasar Panas Kecamatan Benua Lawas Kabupaten Barito Timur,(2018).
Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik.Yogyakarta:Gava Media.
Meutia Dewi,Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Pada Rumah Sa-kit Rehabilitas Medik Kabupaten Aceh Timur (2016)
Mulyana Deddy. 2003. Metodeologi Penelitian Kuantitatif Bandung: Rosdakarya Offset
Moleong J.Lexy. 2001.Metode Penelitian Sosial Kualitatif Edisi Revi-si.Bandung: PT Remaja Rosdakar-ya Offset
Moleong J.Lexy. 2001.Metode Penelitian Kualitatif .Bandung: PT Remaja Bidakarya Bandung
Nanang Martono.2015.Metode Penelitan Sosial : Konsep-konsep Kunci.Rajawali Pers.Jakarta
Pasolog,Harbani.2016.Metode Penelitian AdministrasiPulik.Alfabeta,Ba-ndung
Purwanto, Erwan Agus dan Sulisty-astuti,Dyah Ratih. 2011. Metode Penelitian Kualitatif untuk Admin-istrasi Publik dan Masalah-Masalah Sosial. Yogyakarta : Gava media
Sugiono.2005. Metode Penelitian Admin-istrasi.Bandung : CV.Alfabeta
Sukardi 2003. Metode Penelitian Pendidi-kan. Jakarta : Bumi Aksara
Yanuar Ikbar. 2012.Metode Penelitan So-sialKuantitatif.Bandung:PT.Reflia Aditama
Zeithman,Valarie A,A.Parasurama & Leonard L.Berry.1990. Delevery Quality Service. New York : The Free Press
Kepmen PAN No.25/M.PAN/2004.tentang Pe-doman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pela-yanan Instansi Pemerintah.
Kepmen PAN No.63 tahun 2004.tentang Prinsip Pelayanan Publik
Keputusan Mentri Pendayagunaan Apara-tur Negara Nomor 25 Tahun 2009.Tentang Pelayanan Publik.
Peraturan Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 tentang pe-doman Survei Kepuasan Masyara-kat Terhadap Penyelenggaraan Pe-layanan Publik.