KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN DAERAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA DILIHAT DARI ASPEK RESPONSIVENESS DI KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Halisah Halisah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Rahmi Hayati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Lilis Suryani Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

kualitas, pelayanan, minat baca, aspek, responsivieness

Abstract

Penelitian tentang kualitas pelayanan perpustakaan daerah dalam meningkatkan minat baca dilihat dari aspek responsiveness di Kabupaten Tabalong penting dilakukan, karena pembinaan dan pengembangan minat baca tidak hanya tanggung jawab sekolah, perguruan tinggi ataupun orang tua saja, tetapi tanggung jawab bersama antar sekolah, perguruan tinggi, orang tua, Perpusda Kabupaten Tabalong dan pemerintah daerah Kabupaten Tabalong.

Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif secara analitik yaitu mengungkapkan masalah dan keadaan sebagaimana adanya, sehingga hanya merupakan penyingkapan fakta. Proses analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang diperoleh baik melalui hasil observasi, kuesioner/angket. Populasi penelitian ini berjumlah 30 orang. Sampel yang diambil berjumlah 30 orang. Teknik analisa ini dideskripsikan menggunakan analisis persentase.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas Pelayanan Perpustakaan Daerah Dalam Meningkatkan Minat Baca Dilihat Dari Aspek Responsiveness di Kabupaten Tabalong dari persentase yang paling menonjol ada pada jawaban sangat baik dengan persentase cukup baik. Sementara rekapitulasi jawaban responden terkait faktor penghambat Kualitas Pelayanan Perpustakaan Daerah dalam meningkatkan minat baca dilihat dari aspek responsiveness di Kabupaten Tabalong terlihat bahwa faktor penghambat yang paling dominan ada pada indikator kemampuan organisasi, struktur, sumber daya maupun sisi kemampuan anggaran, untuk indikator luas geografis, rendahnya minat masyarakat dengan jawaban bukan faktor penghambat. Sehingga dapat disimpulkan faktor penghambat kualitas pelayanan perpustakaan daerah dalam meningkatkan minat baca dilihat dari aspek responsiveness di Kabupaten Tabalong ada pada indikator aparat pelaksana dan anggaran

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Minat Baca, Aspek Responsiveness

References

DAFTAR PUSTAKA
Ali, Muhammad. 1998. Penelitian Prosedur dan Strategis. Angkasa, Bandung
Basuki, Sulistyo. 1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Handi Irawan, 2003. Prinsip Kepuasan Konsumen, Cet.3. Gramedia, Jakarta
Hendry, Nicholas, 1988. Administrasi Negara dan Masalah-Masalah Kenegaraan. PT. Bumi AKsara, Jakarta
Intruksi Presiden Republik Indonesia Nomor I Tahun 1995 Tentang Perbaikan Dan Peningkatan Mutu Pelayanan
Intruksi Presiden Nomor 16 Tahun 1980 Tentang Penyusutan Dan Pengarahan Peraturan Daerah Mengenai Pajak Daerah Tingkat I, Pajak Daerah Tingkat II, dan Retribusi Daerah Tingkat I.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 1 Tahun 1993, Tentang Penyelenggaraan Tatalaksana Pelayanan Umum Sesuai Dengan Bentuk Dan Sifatnya
Keputusan Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara Nomor 81 Tahun 1993, Tentang Pelayanan Umum
Kurniawan, Agung, 2005. Transformasi Peleyanan Publik. Pembaharuan, Yogyakarta
Mahmudi, 2010. Manajemen Kinerja Sekktor Publik. STIE YKPN, Jakarta
Moenir, 2008. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. PT. Bumi Aksara, Jakarta
Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Nurhadi, 2010. Membaca Cepat dan Efektif. Sinar Baru Algesindo, Bandung
Osborne, David dan Plastrik, Peter. 2001. Memangkas Birokrasi, PPM, Jakarta
Peraturan Daerah Kabupaten Tabalong Nomor 02 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Perpustakaan
Ririn Tri Ratnasari dan Mastuti Aksa, 2011. Teori Dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa, Cet.1, Ghalia Indonesia, Bogor
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, Bandung
Supriyanto, Dkk, 2006. Aksentuasi Perpustakaan dan Pustakawan. IPI PD- DKI
Sutarno, 2006. Manajemen Perpustakaan : Suatu Pendekatan Praktek. Sagung Seto, Jakarta
Tjiptono, Fandy, 2012, Service Management”. Andi, Yogyakarta
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan Bab III Pasal 11 Tentang Standar Nasional Perpustakaan
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan Bab V Mengenai Layanan Perpustakaan
Yazid, 2003. Pemasaran Jasa Konsep dan Implementasi, Cet.2, Ekonisia, Yogyakarta
Yusuf, Pawit, M, 2007. Pedo,am Penyelenggaraan Perspustakaan Sekolah. Kencana, Jakarta

Published

2020-01-08

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>