KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DILIHAT DARI ASPEK KEHANDALAN DI PUSKESMAS TANJUNG KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN TABALONG (Studi Kasus Pada Poli Umum)

Authors

  • Habibah Habibah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Wahyu Subadi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Eddy Suryani Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

kualitas, layanan kesehatan, poli umum, kesehatan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Dilihat Dari Aspek kehandalan di Puskesmas Tanjung Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong (Studi Kasus pada Poli Umum) Dan Untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang menghambat Kualitas Pelayanan Kesehatan Dilihat Dari Aspek kehandalan di Puskesmas Tanjung Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong (Studi Kasus pada Poli Umum.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Diskriptif dengan metode Kualitatif, pembahasan konsep dasar penelitian untuk memperoleh kesimpulan yang di dapat dari data primer dan data sekunder. Untuk mendapatkan sejumlah data sejauh mana penilaian masyarakat terhadap kualitas pelayanan kesehatan khususnya di Poli Umum Puskesmas Tanjung dengan teknik angket.

Hasil penelitian menunjukan bahwa : Kualitas Pelayanan Kesehatan Dilihat Dari Aspek kehandalan di Puskesmas Tanjung Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong ( studi kasus pada Poli Umum ) sudah cukup baik. Faktor yang menjadi penghambat pada kualitas pelayanan tersebut adalah dari segi Sumber Daya Manusia seperti masih adanya beberapa pegawai yang belum memahami tugas-tugasnya, kekurangan petugas kesehatan yang melayani masyarakat, masih ada petugas kesehatan yang dalam bertugas kurang profesional serta lahan parkir yang kurang strategis.

Kata kunci : Kualitas, Layanan Kesehatan , Poli Umum

References

DAFTAR PUSTAKA
Afrizal 2015, Metode Penelitian Kualitatif, PT.Raja Grafindo Persada. Jakarta
Azawar, Aznul,2010. Pengantar administrasi kesehatan. Edisi Ketiga Tangerang: Binapura Aksara
Budiarto (2015) “kualitas pelayanan kesehatan Puskesmas di kecamatan enreg kabupaten enrekang”
Faturnisah,aji (2015) kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Malinau Kabupaten Malinau.”
Hardiansyah, 2011.Kualitas Pelayanan Publik. Gava Media . Yokyakarta
Ican Oktavianus Panambunan 2015 “kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Bahu Kecamatan Malalyang Kota Menado”
Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2000. Balai Pustaka. Jakarta.
Konli , Steven (2014) “kesehatan masyarakat di Puskesmas Desa Gunawan Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung.
Moses kaisar, bonembo 2015. “ studi tentang kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas “MENKES RI Nomor 30 Tahun 2014 “pedoman penyusunan dan penerapan standar pelayanan minimal”.
Setiani1, Tita (2017). “ kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Remaja di Kelurahan Sungai Pinang Dalam”
Sugiono 2011, Metode Penelitian Administrasi.Bandung. Alfabeta
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan
Pasolong ,harbani, 2013 teori administrasi publik. Bandung, alfabeta
Winarsyik, Atik Septi & Winarto 2007. Manajemen Pelayanan. Yokyakarta. Pusaka Belajar

Published

2020-01-08

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>