PERAN KEPALA DESA SEBAGAI PENGAMBIL KEPUTUSAN DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA TANGKAN KECAMATAN AWANG KABUPATEN BARITO TIMUR

Authors

  • Fitria Fitria Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Budi Setiawati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Muhammad Riyandi Firdaus Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

peran, kepala desa, desa, pengambil keputusan, pemberdayaan, masyarakat, pemberdayaan masyarakat

Abstract

Kepala Desa merupakan pimpinan tertinggi di desa. Oleh kerena itu Kepala Desa bertanggung Jawab penuh atas Roda pemerintahan yang ada di Desa Peran kepala desa merupakan hal yang sangat penting dalam perjalanan Organiasi PKK , terlebih lagi dalam Proses Pengambilan Keputusan yang ada dalam organisasi PKK.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk Mengetahui : 1) Peran Kepala Desa Sebagai Pengambil Keputusan dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Tangkan Kecamatan Awang Kabupaten Barito Timur ( Studi Kasus Pelatihan memasak dan membuat kue kelompok ibu-ibu PKK Desa tangkan ). 2) Faktor yang menjadi penghambat Peran Kepala Desa Sebagai Pengambil Keputusan Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Tangkan Kecamatan Awang Kabupaten Barito Timur dengan menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif.

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan proses wawancara dan observasi dan teknik analisis data menurut Miles, Huberman dan saldana 2014 yakni :1. Reduksi Data 2. Penyajian Data 3. Kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepala desa sebagai pengambil keputusan dalam pemberdayaan masyarakat sudah baik dapat dilihat dari hasil wawancara dan observasi. Namun penghambat dari peran pengambil keputusan yaitu, Waktu, Tenaga dan Biaya.Meskipun Peran kepala desa sebagai pengambil keputusan sudah baik namun masih ada kekurangannya, untuk itu penulis member saran yaitu kepala desa lebih mengoptimalkan perannya agar program PKK yang sudah ada bisa berkembang, melibatkan masyarakat dalam setiap program yang ada di desa.

Kata Kunci : Peran Kepala Desa ; Pengambil Keputusan ; Pemberdayaan Masyarakat

References

DAFTAR PUSTAKA
Adi, I, R, (2008). Intervensi Komunitas: Pengembangan Masyarakat Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Anwas, M Oos : Pemberdayaan Masyarkat Di Era Global. Penerbit Alfabeta
Gianjar Kartasasmita (1996) Pemerdayaan Masyarakat : Konsep pemangunan yang berakar pada masyarakat. Jakarta : Bappenas
Marhiyanto, Bambang. 2009. Kamus lengkap Bahasa Indonesia. Victory Inti Cipta
Prijono, Onny S dan Pranarka A.M.W Pembersayaan: konsep, kebijakan dan implementasi Soetomo. 2011. Pemberdayaan Masyarakat. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Sumodiningrat, Gunawan 1999. Pemberdayaan Masyarakat dan Jaring Pengaman Sosial. Jakarta: Gramedia
Suharto, Edi. 2006. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung PT Refika Aditama
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi, Dilengkapi Dengan Metode R&D. Bandung
Tamubolon, Mangatas. 2006 Pendidikan Pola Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Sesuai Tuntutan Otonomi Daerah.
Ahmad Suprastiyo yang berjudul : Peran Kepala Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat (Suatu Studi di Desa Trucuk Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro)
Ali Nazmudin (2015) yang berjudul : Peran Pemerintah Desa Terhadap Upaya Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Koperasi Tunas Cipetung ( studi di Desa Dukuh Jeruk Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu)
Ita Ulumiyah, Abdul Juli Andi Gani, Lely Indah Mindarti yang berjudul : Peran Pemerintah Desa Dalam Memberdayakan Masyarakat Desa (Studi pada Desa Sumberpasir Kecamatan Pakis Kabupaten Malang)
Himpunan Peraturan perundang- undangan mengenai desa UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa
Profil Desa Tangkan
Peraturan Desa Tangkan nomor 3 Tahun 2017 Tentang APBDES Desa Tangkan

Published

2020-01-08

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>