PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP MOTIVASI KERJA APARAT DESA DI KANTOR KECAMATAN AWANG KABUPATEN BARITO TIMUR

Authors

  • Firdaus Firdaus Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Safrul Rijali Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Susiani Susiani Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

Lingkungan kerja, kerja, lingkungan, motivasi

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh dan besarnya pengaruh lingkungan kerja (X) terhadap motivasi kerja (Y) aparat desa di kantor Kecamatan Awang Kabupaten Barito Timur

Penelitian menggunakan metode kuantitatif yaitu untuk menguji teori - teori tertentu dengan cara meneliti hubungan antar variabel. Populasi penelitian menggunakan 40 orang responden (aparat desa). Menurut teori Arikunto (2006 :

231) apabila subjeknya kurang dari 100, lebih baik diambil semua tetapi jika jumlah subjeknya besar, dapat diambil antara 10-15% atau 20-25%. Menggunakan teknik simple random sampling yaitu teknik yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi, sehingga dengan teknik ini akan memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi.

Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh lingkungan kerja terhadap motivasi kerja aparat desa di kantor Kecamatan Awang Kabupaten Barito Timur diperoleh nilai estimasi sebesar 0.391 dengan CR sebesar 2.51*. Besarnya pengaruh lingkungan kerja terhadap motivasi kerja aparat desa di kantor Kecamatan Awang Kabupaten Barito Timur dapat dilihat dari AFIT = 0.442 yang artinya nilai AFIT berkonstribusi dengan nilai 44.2% artinya pengaruh lingkungan kerja terhadap motivasi kerja aparat desa di kantor Kecamatan Awang Kabupaten Barito Timur sebesar 44.2% dan sisanya 55.8% di pengaruhi oleh faktor lain diluar dari indikator yang digunakan dari penelitian ini.

Kata kunci : Lingkungan Kerja ; Motivasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Aprilia K,SE,M.Sc,Akt dan Prof. Ghozali,M.Com. Ph.D,Akt “GesCA” Penerbit Uni versitas Diponegoro Sema rang, Semarang 2013
George, J. M., & Jones, G. (2005). Understanding And Managing Organizational Behavior. New Jersey: Upper Saddle River.
Soetjipto, Budi W, Paradigm Baru Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Amara Book. 2010.
Basori, Prahiawan dan Daenulhay (2017).“Pengaruh Kompetensi Karyawan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja karyawan Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening”
Indriyani (2005) “Persepsi Karyawan Terhadap Faktor-Faktor Lingkungan Perusahaan Yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Karyawan Pada PT Lasallefood Indonesia”.
Lezita (2010) “ Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pada PT Sinar Sosro Kantor Penjualan Bogor”
Maria Ulfa (2016) “ Pengaruh Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja Fisik terhadap Motivasi Kerja dan Dampaknya terhadap Kinerja Karyawan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan”
Prakoso, Astuti dan Ruhana (2014) “Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. AXA Financial Indonesia Cabang Malang)”
Saroyo, S. T. (2017). Analisis Pengaruh Motivasi, Kemampuan, Disiplin Kerja Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Kpud Kabupaten Tabalong. Jurnal PubBis, 229-248.

Published

2020-01-08

How to Cite

Firdaus, F., Rijali, S., & Susiani, S. (2020). PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP MOTIVASI KERJA APARAT DESA DI KANTOR KECAMATAN AWANG KABUPATEN BARITO TIMUR. JAPB, 2(2), 600–614. Retrieved from https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/203

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>