ANALISIS PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN KTP DAN KK PADA KANTOR DESA BONGKANG KECAMATAN HARUAI KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Basuki Rahman Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Jauhar Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Siti Arbayah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

analisa, pelayanan, pembuatan ktp, kartu keluarga, pelayanan publik, publik

Abstract

Permasalahan yang di jumpai berkaitan dengan pembuatan kartu Tanda Penduduk (KTP) dan pembuatan Kartu Keluarga (KK). Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui gambaran bagaimana proses pelaksanaan pelayanan publik yang ada di Desa dan untuk mengetahui apa saja menjadi faktor yang mempengaruhi jalannya pelayanan publik.

Tujuan penelitian ini untuk memberikan gambaran mengenai proses pelaksanaan pelayanan publik dan untuk mengetahui hal apa saja yang mempengaruhi atau hal yang jadi kendala dalam pelaksanaan pelayanan publik.

Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian menyatakan bahwa pelayanan Publik dalam pembuatan KTP dan KK pada Kantor Desa Bongkang dapat dikategorikan cukup baik yaitu sebesar (49,93%)

Kata Kunci : Analisa Pelayanan ,Pembuatan KTP dan KK,Pelayanan Publik

References

DAFTAR PUSTAKA
Aisyah,Siti.2013.Penyelenggaraan Pelayanan Publik Pada Kantor Kepala Desa Namun Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong : Skripsi Jurusan Adminestrasi Publik.
Arkola, Otonomi Daerah. Undang-Undang No.32 Tahun 2004.
Darma, Surya Manajemen Kinerja : Falsafah Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar .2013
Dessler, Manajemen Sumber Daya Manusia Jakarta. PT.Prenhalindo.1997
Dwiyanto, Agus Dkk. Reformasi Birokrasi Publik Di Indonesia. Yogyakarta Gadjah Mada. 2006
Gomes, Fautisno Cardoso. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta Penerbit Andi. 2003
Hadiasyah, Kualitas Pelayanan Publik Konsep. Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.2011
Hasibuan, Malayu S.P. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi revisi Jakarta: Bumi Aksara.2010
Kamarni, Neng : Analisis Pelayanan Publik Terhadap Masyarakat (Kusus Pelayanan Kesehatan Di Kabupaten Agam)
Lavung,Yuvenalis , Study Kinerja pelayanan Administrasi Pada Masyarakat Kantor Desa Bila Talang Kecamatan Taba Kabupaten Kutai Kartanegara.
Lendo, Rani , Kinerja Aparat Desa Dalam Pelayanan Publik Di Desa Wuwuk kecamatan Tareran Kabupaten Minahasa Sealatan.
Mahmudi, (2015). Manajemen Kinerja Sektor Publik Edisi Kedua. Yogyakarta: UPP STIM YKPN. 2015
Mahsun, Mohamad. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: BPFE yogyakarta.2014
Mangkunegara, A. P. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT. Refika Aditama.2010
Muttaqin Zainal, Upaya Meningkatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan Menggunakan Teknologi Informasi.
Prawirosentono, S.1999. Manajemen Sumber Daya Manusia ,Kebijakan Karyawan BPFE ,Yogyakarta
Ratminto, dan Atik Septi Wenarsih. Manajemen Pelayanan .Yogyakarta : Pustaka Pelajar 2010
Ridho Muhammad, Analisis Pelayanan Publik Pada Kantor Camat Bangkinang Sebrang Kabupaten Kapar.
Riyandi Riko, Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Di Kota Batam.
Suriyani, E. (2017). Efektivitas Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (Ktp-El) Di Kantor Kecamatan Bintang Ara Kabupaten Tabalong. Jurnal PubBis, 2(2), 150-160.
Suwarno Joni, Kualitas Pelayanan Pemerintah Desa ( Studi Pelayanan KTP Dan KK Di Desa Teluk Kepayang Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu).
Zeitham, Valarei A 1990, Delinering Quality Services dalam pengertian pelayanan public

Published

2020-01-08

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>