EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KECAMATAN JARO KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Ai Sri Wahyuni Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Rahmi Hayati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Safrul Rijali Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

efektivitas, pelayanan, administrasi, terpadu, kecamatan, PATEN

Abstract

Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) adalah penyelenggaraan pelayanan publik dikecamatan yang proses pengelolaannya mulai dari permohonan sampai ke tahap terbitnya dokumen dilakukan dalam satu tempat. Satu tempat disini berarti cukup melalui satu meja atau loket pelayanan.

Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Efektivitas Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong.  Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan metode  deskriptif kualitatif.  Pengumpulan data dengan cara wawancara dan angket.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Efektivitas Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan PATEN yaitu meningkatkan kualitas pelayanan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dilihat dari kriteria efektivitas dari faktor waktu, faktor kecermatan dan faktor gaya pemberian pelayanan dapat dikategorikan sudah  Efektif dengan persentasi sebanyak 54%.

Kata Kunci :  Efektivitas Pelayanan; Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan ; PATEN

References

DAFTAR PUSTAKA
Abidin, Z.S. (2010). Kebijakan Publik. Jakarta: Yayasan Pancur Siwah.
Agung, K. (2005). Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta : Pembaharuan
Atep Adya Barata. (2003). Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Avivantoro, D (2017). Efektivitas Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Puger Kabupaten Jember https://repository.unej.ac.id
Dewi, R.A (2016). Efektivitas Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Di Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo. https://eprints.uns.ac.id
Erdina T.V, Hariani D (2017). Analisis Efektivitas Organisasi Dalam Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. https://ejournal3.undip.ac.id
Hayati, R. (2017). Kualitas Pelayanan Ibu Hamil Peserta Jamkesda Di Puskesmas Malinau Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Jurnal PubBis, 69-79.
Moenir, H.A.S. (2002). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara
Nurrahman, M.A (2018). Efektivitas Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Di Kecamatan Sambutan Kota Samarinda https://ar.mian.fisip-unmul.ac.id
Ratminto & Atik septi Winarsih. 2006. Manajeman Pelayanan. Jakarta: Pustaka Pelajar
Siagian, Sondang P. 1997. Filsafat Administrasi. Jakarta: PT Toko Gunung Agung
Siagian, Sondang P. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Sinambela L.P. (2006). Reformasi Pelayanan Publik, Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta : Bumi Aksara
Soewarno, Handayaningrat. (1996). Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta : Gunung Agung
Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
Suriyani, E. (2017). Efektivitas Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (Ktp-El) Di Kantor Kecamatan Bintang Ara Kabupaten Tabalong. Jurnal PubBis, 2(2), 150-160.

Published

2020-01-08

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>