Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk air bersih terhadap kepuasan pelanggan pada instalasi kota Kecamatan (IKK) cabang Bintang Ara Kabupaten Tabalong. Kualitas air merupakan segala sesuatu yang telah memenuhi standar kualitas air yang telah memenuhi persyratan fisik, persyaratan kimia, persyaratan bakteri ologis dan persyaratan radiologis. Sehingga apabila dikonsumsi air tersebut tidak memiliki efek samping. Kualitas produk air bersih memang merupakan Suatu kualitas produk dinilai memuaskan bila produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen, sebab jika komponen produk air bersih terjadi stagnasi maka hampir dipastikan semua sektor akan berdampak terhadap kepuasan pelanggan, oleh sebab itu perlu ada perencanaan yang baik dan bahkan perlu diformulasikan standar produk air dengan kewenangan yang diberikan oleh pemerintah pusat pada pemerintah daerah.


Dalam kehidupan sehari-hari air merupakan salah satu komponen yang paling dekat dengan manusia yang menjadi kebutuhan dasar bagi keberlanjutan kehidupan manusia, oleh karena hal tersebut air harus tersedia dalam kuantitas dan kualitas yang memadai. Selain merupakan sumber daya alam, air juga merupakan komponen ekosistem yang sangat penting bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.


Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Kuesioner merupakan instrument utama untuk mengumpulkan data, dan observasi digunakan untuk mendukung dan melengkapi hasil kuesioner. Hasil penelitian pengujian analisis GSCA menunjukan bahwa pertama kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai critical ratio sebesar 16.77. Kedua besarnya pengaruh kualitas produk terhadap Kepuasan Pelanggan adalah sebesar 56,9%, sisanya sebesar 43,1% di pengaruhi oleh faktor lainnya.


Kata Kunci: Produk, Kualitas Produk ; Kepuasan Pelanggan