PENGARUH KUALITAS PRODUK AIR BERSIH TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA INSTALASI KOTA KECAMATAN (IKK) CABANG BINTANG ARA KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Warlisa Fatriani Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Indriati Sumarni Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Shinta Avriyanti Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

produk, kualitas produk, kepuasan pelanggan, kualitas, kepuasan, pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk air bersih terhadap kepuasan pelanggan pada instalasi kota Kecamatan (IKK) cabang Bintang Ara Kabupaten Tabalong. Kualitas air merupakan segala sesuatu yang telah memenuhi standar kualitas air yang telah memenuhi persyratan fisik, persyaratan kimia, persyaratan bakteri ologis dan persyaratan radiologis. Sehingga apabila dikonsumsi air tersebut tidak memiliki efek samping. Kualitas produk air bersih memang merupakan Suatu kualitas produk dinilai memuaskan bila produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen, sebab jika komponen produk air bersih terjadi stagnasi maka hampir dipastikan semua sektor akan berdampak terhadap kepuasan pelanggan, oleh sebab itu perlu ada perencanaan yang baik dan bahkan perlu diformulasikan standar produk air dengan kewenangan yang diberikan oleh pemerintah pusat pada pemerintah daerah.

Dalam kehidupan sehari-hari air merupakan salah satu komponen yang paling dekat dengan manusia yang menjadi kebutuhan dasar bagi keberlanjutan kehidupan manusia, oleh karena hal tersebut air harus tersedia dalam kuantitas dan kualitas yang memadai. Selain merupakan sumber daya alam, air juga merupakan komponen ekosistem yang sangat penting bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Kuesioner merupakan instrument utama untuk mengumpulkan data, dan observasi digunakan untuk mendukung dan melengkapi hasil kuesioner. Hasil penelitian pengujian analisis GSCA menunjukan bahwa pertama kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai critical ratio sebesar 16.77. Kedua besarnya pengaruh kualitas produk terhadap Kepuasan Pelanggan adalah sebesar 56,9%, sisanya sebesar 43,1% di pengaruhi oleh faktor lainnya.

Kata Kunci: Produk, Kualitas Produk ; Kepuasan Pelanggan

References

DAFTAR PUSTAKA
Afidah, Nuri Novianti. 2012. “Mantra Dang dan Banjarsari: Cerminan Konsep Cantik Orang Sunda Di Banjarsari”. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Aldi, Gustama. 2017. Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap pelanggan PDAM Kab. Semarang Cabang Ungaran. Skripsi, Fakultas ekonomi bisnis.
Apsari, Putri Dwi Made Ni,dkk. 2017.
Pengaruh Kualitas PelayananTerhadap Kepuasan Pelanggan PDAM Tirta Mangutama Badung. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana.
Bailia Jefry, F.T. DKK, 2014. Pengaruh kualitas produk, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada warung-warung makan lamongan di kota Manado. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Menado.
Christoper Lovelock& Lauren K Wright.2007. Manajemen Pemasaran Jasa, PT. Indeks, Indonesia.
Fandy Tjiptono, 2004, Strategi Pemasaran, edisi kedua, Andi, Yogyakarta. 2011.Service
Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2.Yogyakarta: Andi.
Hadi, Putri Sekarani Mahayu, 2011. Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Perusahaan Daerah Air Minum kota Blitar. Fakutas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”. JawaTimur.
Indrawati Rizki. 2017. Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen (studi kasus di Toko Mukena Al- Kharimah Rejotangan Tulungagung). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Ekonomi Syariah.
Juwandi, Hendy Irawan. 2004. Kepuasan Pelayanan Jasa. Erlangga. Jakarta.
Kadir Abdul (2001). Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP,Yogyakarta :Penerbit ANDI.
Kotler, Philip, 2000, Marketing Management. Edisi Milenium, Prentice Hall Intl, Inc New Jersey.
………2000. Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation and Control. Prentice Hall Int, Inc., Millenium Edition, Englewood Cliffs, New Jersey.
………, Amstrong. 2001. Prinsip- prinsip pemasaran, Edisi kedua belas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
………., 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta
……….. (2006). Manajemen pemasaran, jilid I, Edisi kesebelas, Jakarta,
P.T Indeks Gramedia.
……….. Gary Armstrong. 2008. Prinsip- prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid
1. Jakarta: Erlangga
………..Garry Armstrong. 2010. Prinsip- Prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2 Edisi Kedua Belas. Jakarta : Erlangga
Mowen, John. Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta. Erlangga
Mukti Dana, Y. M. 2015. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan
Terhadap Keputusan Pembelian (studi kasus pada Mebel CV Jati Endah Lodoyo Blitar). STIE Kesuma Negara Blitar
Nugroho Adi Fajar, 2009. Analisis Tingkat Kualitas Pelayanan dalam Peningkatan Kepuasan Pelanggan Air Bersih pada PDAM Tirta Lawu Karanganyar.
Nugroho Agung Ari, 2015. Analisis tingkat kepuasan pelanggan perusahaan daerah air minum (PDAM) tirta pakuan Kota Bogor. Fakultas ekonomi.
Nugraha Taufik Vicky. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada PDAM kota Bandung. Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama. Bandung.
Prawiro sentono, Suyadi. 2007. Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu Abad 21: Kiat Membangun Bisnis Kompetitif. Jakarta :Bumi Aksara.
Priyanto Catur Agus. 2018. Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan pada usaha isi ulang air minum UD. Elangku didesa Bangunrejo Tenggarong Seberang. Jurnal Administrasi Bisnis.
Putra Doni Susanto, Seno Suwono, dan Anwar. 2017. Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan pelaggan. Fakultas ekonomi Universitas Muhammadiyah. Jurnal manajemen dan bisnis.
Putra Permadi Giardo, Dkk. 2017.Pengaruh Kualitas Produk Terhadap
Kepuasan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen (survey pada mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi angkatan 2013-2014 Universitas Brawijaya yang Melakukan Pembelian Paket Data Kampus).Fakultas Ilmu Administarasi Universitas Brawijaya Malang.
Tjiptono,Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.
Tjiptono,Fandy dan Gregorius Chandra, 2012, Pemasaran Strategik. Yogyakarta, ANDI.
Tim Dosen, 2018. Pedoman Penulisan Skripsi dan Penulisan Usulan Penelitian. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong.
Weenas, R.S. (2013), ”Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta,” Jurnal EMBA, Vol. 1, No. 4, pp. 607-
618.
Walukow Pratisitia ,L.A. Dkk. 2014.Pengaruh Kualitas Produk, Harga Promosi
Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Bentenan Center Sonder Minahasa. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado.

Published

2020-01-02

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>