PERAN PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI DILIHAT DARI ASPEK KETELADANAN ATAU PANUTAN PADA KANTOR KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Siska Hudayati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Safrul Rijali Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Rahmi Hayati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

pemimpin, peran pemimpin, disiplin kerja, kerja, disiplin

Abstract

Keberadaan disiplin kerja sangat diperlukan untuk menunjang kelancaran segala aktivitas organisasi agar tujuanorganisasi dapat dicapai secara maksimal. Kedisiplinan dan ketidakdisiplinan dapat menjadi panutan bagi orang lain. Jika lingkungan kerja nya disiplin, maka seorang pegawai akan ikutdisiplin, tetapi jika lingkungan kerja organisasinya tidak disiplin maka pegawainya juga akan ikut tidak disiplin Tujuan Penelitian ini adalah untuk  mengetahui dan menganalisis peran pemimpin dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai dilihat dari aspek keteladanan atau panutan pada Kantor Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong. Metode penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara terstruktur kepada 15 informan yang berbeda yang dianggap mempunyai pengetahuan yang berhubungan dengan penelitian. Adapun teknik yang pengumpulan data yaitu observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi serta menggunakan analisis data menurut Muhammad Ali(1984). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Pemimpin dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai dilihat dari aspek keteladanan atau panutan pada Kantor Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong sudah berperan dengan perolehan hasil jawaban nforman sebanyak 78%.

Kata Kunci : Peran pemimpin,  disiplin kerja

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Kartini, Kartono, 2005. Kepemimpinan : Apakah Kepemimpinan Abnormal itu? Penertbit Alfabeta. Bandung.
Hasibuan, S. P. Malayu.2008. Manajemen Dasar, Penelitian, dan Masalah. Edisi Revisi Cetakan ke-7. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.
Sugiyono.2012.Metode Penelitian Aministrasi. Cetakan ke-20. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Pasolong, Harbani.2016. Metode Penelitian Administrasi Publik. Cetakan ke 3. Penertbit Alfabeta. Bandung.
Hanriati, Lasmi. 2018. Peran Pemimpin Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Aparatur Sipil Negara Pada Dinas Pemuda, Olah Raga,Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Barito Utara. STIA Tabalong. Tanjung.
Rachmat, H. 2014. Manajemen Strategik .Cetakan ke-1 Penerbit CV Pustaka Setia. Bandung.
Indrayasih, Wiwi. 2016. Peranan Lurah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai Pada Kantor Kelurahan Pembataan Kecamatan Murung Pudak. STIA Tabalong. Tanjung
Widjaja, A.W. 1986. Peran Motivasi Dalam Kepemimpinan. Cetakan ke-1 Penerbit CV. Akademika Pressindo. Jakarta
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong, 2019. Pedoman Penulisan Skripsi Tahun Akademik 2018/2019 .Tanjung
Prihanto, Tri Agus Budi. 2018. Kecamatan Tanjung Dalam Angka 2018. Badan Pusat Statistik Kabupaten Tabalong. Tanjung.
Restuyuliani (2013), Skripsi : Peran Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pegawai Pada Badan Penanaman Modal Daerah Jawa Tengah. Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Khuznun Zakiyah (2016), Skripsi : Peranan Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai Pada Dinas Koperasi, Industri, Dan Perdagangan (Dinas KOPINDAG)Kabupaten Lamongan. Malang. Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim.
Indira Novia Sarumpaet (2015), Skripsi : Peranan Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai Pada Kantor Bank Indonesia Medan. Medan. Universitas Sumatera Utara.
Rizma Dian Widiarti (2017), Skripsi: Peran Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Disiplin Pegawai Di Kecamatan Palaran Kota Samarinda. Samarinda. Universitas Mulawarman.
Yusuf (2016), Skripsi : Peranan Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Pada Kantor Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Barat. Samarinda. Universitas Mulawarman.
Peraturan Perundang-undangan
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2008 Tentang Kecamatan
Peraturan Pemerintah No. 53 tahun 2010, Tentang Peraturan Disiplin Aparatur Sipil Negara
Peraturan Bupati Tabalong Nomor 002 Tahun 2014 Tentang Pelaksanaan 5 (Lima) Hari kerja dan Ketentuan Pemakaian Pakaian Dinas/Kerja Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabalong

Published

2020-01-02

How to Cite

Hudayati, S., Rijali, S., & Hayati, R. (2020). PERAN PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI DILIHAT DARI ASPEK KETELADANAN ATAU PANUTAN PADA KANTOR KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN TABALONG. JAPB, 2(1), 292–307. Retrieved from https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/180

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 > >>