Abstract

Pengaruh Keunggulan Bersaing Terhadap Tingkat  Kepuasan Konsumen Pada Distro Antipop Clothes Tanjung. Pembimbing I Dr. H. Jauhar Arifin, Drs., MM. Dan Pembimbing II Indriati Sumarni, SE., MM. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dan menganalisa pengaruh keunggulan bersaing terhadap kepuasan konsumen di Toko Distro Antipop Clothes Tanjung Tabalong; 2) Mengetahui besarnya pengaruh pengaruh keunggulan bersaing terhadap kepuasan konsumen di Toko Distro Antipop Clothes Tanjung Tabalong. Populasi didalam penelitian ini adalah konsumen Distro Antipop Clothes Tanjung, sedangkan sampel yang diambil berjumlah 47 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling.


Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan analisis GSCA (Generalized Structured Component Analysis). Hasil kuesioner merupakan instrumen utama untuk menggunakan data, sedangkan observasi digunakan untuk mendukung dan melengkapi hasil dari kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keunggulan bersaing berpengaruh terhadap tingkat kepuasan konsumen pada Distro Antipop Clothes Tanjung. Besarnya pengaruh variabel Keunggulan Bersaing (X) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) adalah sebesar 58,6% dan sisanya sebesar 41,4% dipengaruhi oleh variabel lainnya, misalnya seperti Harga, Kualitas Produk, Loyalitas Konsumen dan lain-lain.


Kata Kunci: Keunggulan Bersaing, Kepuasan Konsumen, Pelayanan