PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SEPATU FILA DIKALANGAN MAHASISWA STIA TABALONG ( Studi pada www.lazada.co.id )

Authors

  • Rahman Alhuda Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Kiswanul Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Shinta Avriyanti Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

media sosial, medsos, belanja, online, belanja online, keputusan pembelian, pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan seberapa besar pengaruh media sosial terhadaap keputusan pembelian dikalangan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi 100 responden dan diambil sebagai sampel sebanyak 30 responden yang dipilih dengan menggunakan metode random sampling. Kuesioaner merupakan instrumen utama untuk mengumpulkan data, Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriftif, uji vaiditas dan reabilitas, uji t dan regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian didapatkan pengaruh yang signifikan antara pengguna media sosial terhadap keputusan pembelian. Dan dari uji t dan hipotesis dinyatakan deternimant sebesar 0,677 atau 67 persen antara media sosial online terhadap keputusan pembelian sedangkan sidanya 33 persen ditentukan oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Media Sosial, Belanja Online, Keputusan Pembelian

References

DAFTAR PUSTAKA
Adi, Rifqi Nugroho. 2013. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Dengan Sistem Pre Order Secara Online.Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Anita, pengaruh pemasaran online terhadap keputusan pembelian produk. Jurnal. Teknik informasi, STMIK Raharja, Vol.5 No 2 – januari 2012
Ekasari, Novita. 2014. Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jasa Pembayaran Kendaraan Pada PT.BFI Finance Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jamb Seri Humaniora, Vol 16, No 2. Hal: 81-
102.
Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2016. Mrketing Management, 15 th edition. United States: pearson Education.
Machfoedz, mahmud. 2005. Pengantar pemasaran Modern, cetakan 1, penerbit Akademi Manajemen Perusahaan YKPN. Yogyakarta
Putri, pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen cherie melalu minat beli, jurnal. Fakultas manajemen dan bisnis, universitas ciputra, Vol.1, nomor 5, desember 2016
Rahman, dkk. Pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian lewat internet dikalangan mahasiswa. Jurnal Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Bisnis Islam Univversitas Islam Negri Alauddin
Reza, Faisal. Strategi Promosi Penjual Online Lazada.co.id. Jurnal.
Rosyid, dkk. Pengaruh Pelayanan Sistem Online, Tarif Dan Publikasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Tiket Kereta Api Relasi Semarang – Jakarta. Jurnal, diponegoro journal of social and political of science tahun 2015, Hal. 1-11
Sahni, dkk. Pengaruh periklanan di internet dan pemasaran melalui e- mail terhadap pemprosesan informasi dan keputusan pembelian oleh konsumen. Jurnal. Seminar nasional aplikasi teknologi informasi 2009, yogyakarta, 20 juni 2009
Soewito, Yudhi. 2013. Kualitas Produk, Merek dan Desain Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio. Jurnal Ekonomi, Vol 2, No.3 Juni 2013
Sunyoto, Danang, 2014. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (konsep, strategi, kasus), cetakan 1, penerbit CAPS (Center Of Academic Publishing Service) Yogyakarta.
Tim Dosen. 2018. Pedoman Penulisan Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong.
http://iinfouu.blogspot.com/2012/11/ administrasi bisnis niaga menurut para ahli.html) di akses tanggal 01 mei 2019
http://ulfianazahrah:blogspot.com/2014/ mengenal lebih dalam administrasi bisnis-html) di akses tanggal 01 mei 2019
http://id.wikipedia.org.wiki.lazada_grou p, asal usul lazada) diakses 01 mei 2019
http://www.lazada.co.id/helpcenter/apa- yang-dimaksud-cod-bayat-di- temat.html) diakses 01 mei 2019
http://id.wikipedia.org.wiki.Fila, tentang perusahaan Fila) diakses 01 mei 2019

Published

2020-01-02

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>