PENGARUH E-TRUST TERHADAP E-CUSTOMER LOYALTY PENGGUNA WEBSITE TRAVELOKA Di KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Octya Laras Kasih Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Shinta Avriyanti Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Taufik Rahman Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

E-Trust, E-Costumer, Loyalty, E-Costumer Loyalty

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh E-Trust Terhadap E-Customer Loyalty Pengguna Website Traveloka di Pt. Altrak 1978 di Kabupaten Tabalong.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah Probability Sampling, yakni Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik pengukuran dilakukan dengan menggunakan skala likert. Pengolahan data menggunakan GSCA. Dengan sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 32 orang.

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis (1) Ada pengaruh e-trust terhadap e-customer loyalty pengguna website traveloka di Pt. Altrak 1978 di Kabupaten Tabalong. (2) Besarnya pengaruh E-Trust terhadap E-Customer Loyalty pengguna website traveloka di Pt. Altrak 1978 di Kabupaten Tabalong adalah sebesar 56,4% dan sisanya sebesar 43,6% dipengaruhi oleh variabel lainnya, misalnya seperti Harga, Kualitas Pelayanan online, Kepuasan Konsumen Online, dan lain-lain.

Kata kunci : E-Trust, E-Customer Loyalty

References

DAFTAR PUSTAKA
Anderson, Rolph E., Srinivasan, Srini S., 2003. E-satisfaction and E-loyalty A Contingency Framework. Psycology & Marketing, Vol 20(2):123-138
Andrea, C. T. 2009. Serba Gratis Di Internet. Daras Books, Jakarta
Camp, L.J. 2001. Trust and risk in Internet Commerce. M.A.: MIT Press. Cambridge
Giovanis, A., & Athanasopoulou, P. 2014. Gaining customer loyalty in the e-tailing marketplace: the role of e-service quality, e-satisfaction and e-trust. Int. J. Technology Marketing , Vol. 9, No. 3, pp. 288-304.
Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Pelanggan. Erlangga. Jakarta
Maulana, R., & Kurniawati, K. 2015. Pengaruh Kualitas E-Service terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Website Koren Denim). Jurnal Manajemen Maranatha, 13(2).Nomor 4, Oktober 2016
Nugroho, Adi. 2006. E-commerce Memahami Perdagangan Modern di Dunia Maya. Informatika Bandung. Bandung
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. C.V ANDI OFFSET, Yogyakarta.
Setyaningsih, O. 2014. Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan e-Commerce terhadap Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan, dan Loyalitas pada Produk Fashion. Jurnal Bisnis dan Manajemen , Vol. 14 No. 2 hal. 67-80.
Singarimbun. 1995. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA. Bandung
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung
________. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. CV. Alfabeta, Bandung.
________. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung:

Published

2020-01-02

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>