Abstract

Rumah sakit dibentuk untuk melayani konsumen dibidang kesehatan. Untuk mencapai sebuah keberhasilan itu memerlukan landasan yang kuat yaitu dengan cara memaksimumkan kinerja karyawannya.


Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan rumah sakit Pertamina Tanjung Tabalong (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh disiplin terhadap kinerja karyawan rumah sakit Pertamina Tanjung Tabalong        (3) Untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh kompensasi  dan disiplin terhadap kinerja karyawan rumah sakit Pertamina Tanjung Tabalong.


Populasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah 40 orang responden (karyawan). Teknik sampel yang digunakan sampel accidential sampling yaitu teknik penetuan sampel berdasarkan kebetulan yakni secara kebetulan bertemu 40 orang responden dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok dengan sumber data.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan rumah sakit Pertamina Tanjung Tabalong diperoleh nilai estimasi sebesar -0.125 dengan CR sebesar 3.49* (2) Ada pengaruh disiplin terhadap kinerja karyawan rumah sakit Pertamina Tanjung Tabalong diperoleh nilai estimasi sebesar 0.240 dengan CR sebesar 5.66* (3) Besarnya pengaruh kompensasi dan disiplin terhadap kinerja karyawan rumah sakit Pertamina Tanjung Tabalong sebesar 39.3% dan sisanya 60.7% di pengaruhi oleh faktor lain diluar dari indikator yang digunakan dari penelitian ini.


Kata kunci : Kompensasi, Disiplin, Kinerja Karyawan.