Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tingkat kesehatan Koperasi Serba Usaha Sungai Kihung Lestari Kabupaten Balangan tahun 2017 dari segi aspek permodalan, manajemen, likuiditas, kemandirian dan pertumbuhan koperasi berdasarkan Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. Para pemakai informasi laporan keuangan perlu mengetahui kondisi kesehatan koperasi untuk melihat manfaat ekonomi yang diberikan koperasi.


Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif evaluatif yang menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer berupa isian kuisioner untuk penilaian aspek manajemen, sedangkan data sekunder berupa laporan keuangan koperasi tahun 2017.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi kesehatan koperasi dari aspek permodalan, kemandirian dan pertumbuhan termasuk kategori cukup sehat,  aspek manajemen termasuk kategori sehat, dan dari aspek likuiditas termasuk kategori tidak sehat.  Tingkat kesehatan Koperasi Serba Usaha Sungai Kihung Lestari Kabupaten Balangan tahun 2017 termasuk dalam kategori cukup sehat.


Kata kunci: Tingkat Kesehatan Koperasi ; PerDep KUKM No.06/Per/Dep.6/IV/2016 ; Rasio Keuangan