ANALISIS KINERJA KEUANGAN KOPERASI SIMPAN PINJAM DI TANJUNG TABALONG BERDASARKAN RASIO LIKUIDITAS, AKTIVITAS DAN PROFITABILITAS

Authors

  • Lidya Rahmawati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Jauhar Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Indriati Sumarni Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

likuiditas, aktivitas, profitabilitas, kinerja, koperasi, kinerja koperasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Kinerja Keuangan Koperasi Simpan Pinjam Berdasarkan Rasio Keuangan. Secara Spesifik tujuan dari penelitian ini untuk : (1) Menganalisis Kinerja keuangan koperasi berdasarkan rasio Likuiditas, (2) Menganalisis Kinerja keuangan koperasi berdasarkan rasio Aktivitas, (3) Menganalisis Kinerja keuangan koperasi berdasarkan rasio Profitabilitas. Metode Penelitian ini yang digunakan adalah metode penelitian Deskriptif dengan Pendekatan Kualitatif karena penelitian bermaksud untuk memperoleh Deskripsi yang mendalam mengenai Kinerja Keuangan koperasi Simpan pinjam yang ada di Tanjung Tabalong. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data sekunder yakni dokumen yang bersumber langsung dari koperasi yang diteliti.

Hasil Penelitian menunjukan bahwa Analisis kinerja keuangan koperasi Simpan Pinjam yang ada di Tanjung Tabalong dinilai Sangat baik dari Rasio Likuiditas dengan persentase 516,98%. Analisis kinerja koperasi berdasarkan rasio Aktivitas dinilai sudah sangat baik dengan persentase 65,48%. Sedangkan dengan Analisis kinerja koperasi dengan Rasio Profitabilitas sudah sangat baik dengan persentase nilai 48,70%.

Kata Kunci : Likuiditas, Aktivitas, Profitabilitas, Kinerja Koperasi

References

DAFTAR PUSTAKA
Apriyanti. 2013. Hubungan rasio Likuiditas rasio solvabilitas, rasio aktivitas dan pengaruh terhadap laba perushaan dagang diBursa Efek Indonesia. Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Keuangan Universitas Winaya Mukti. Bandung
Arifin, Ivo Zainal. 2017. Analisis Kinerja Keuangan PT. Pegadaian Cabang Ulak Karang. Akademi keuangan dan Perbankan Padang.
Budiarti,Rosiana Eka.2013. Analisis Kinerja Keuangan pada koperasi serba usaha “IDA” Jember. Periode 2010-2012. Universitas Jember Fakultas ekonomi. Dewa, Aditya Putra.2015. Analisis Kinerja Keuangan PT. Indofood Sukses Makmur TBK di Bursa Efek Indonesia. Sekolah Tinggi Ilm Ekonomi (STIESIA) Surabaya.
Gunawan, Ade.2019. Analisis Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Plastik dan Kemasan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Hery. 2012. Mengenal dan memahami Laporan keuangan. Jakarta. CAPS (Center For Academic Publishing Service).
Jupri, Slamet. 2014. Analisis Rasio RLS (Rentabilitas, Likuiditas dan Solvabilitas) Pada KUD DWI Tunggal Kecamatan Bulus Pesantren Kabupaten Kebumen. Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Jumingan, 2014. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Utami, Kadya Betari. 2016. Analisis Pengaruh Motivasi kerja karyawan dan penilaian kinerja karyawan terhadap kepuasaan kerja pada PT. Swadharma Duta Data. Universitas Bina Nusantara.
Paleni, Herman.2016. Analisis Kinerja Keuangan Koperasi Simpan Pinjam “RIAS” Kabupaten Musi Rawas. Universitas Ekonomi Musi Rawas.
Kartadinata, Abas. 1990. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta
:Rineka Cipta.
Kinanti, Monica Setyo.2017. Analisis Hubungan suatu Kinerja Keuangan menggunakan rasio Profitabilitas dan economic Value Added (EVA) dengan Return saham. Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Kasmir. 2008. Analisis Laporan Keuangan,
Jakarta. Bumi Aksara.
Murtini, Tri. 2009. Analisis Kinerja Laporan Keuangan pada Koperasi Ternak Makmur Kauman Desa Karang Anyar. Fakultas Ekonomi Manajemen universitas Muhamadiyah Surakarta.
Marsono, Andrian Tri.2016. Analisis Rasio Likuiditas, Rasio Aktivitas, Rasio Leverage, dan Rasio Profitabilitas pada kinerja keuangan Koperasi Jasa Keuangan Bank Syari’ah Babussalam.Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univesitas Muhamadiyah Surakarta.
Seodarsa, Herry Goenawan & Desty Natalie. 2016. Analisis tingkat kesehatan koperasi pada koperasi simpan pinjam di Kabupaten Tulang Bawang Barat. Volume 7. Bandar Lampung.
Sandy Martha, Muhammad. 2015. Karakteristik pekerjaan dan kinerja Dosen Luar biasa UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating. Universitas Widayatama Bandung.
Subekhi, Akhmad & Muhammad Jauhar. 2012. Pengantar Sumber Daya Manusia. Jakarta. Pustaka Raya.
Sudarismiati, Anik & Haryono, Eka Juliati. 2018. Analisis Likuiditas, Solvabilitas dan Rentabilitas untuk mengukur Kinerja Keuangan Pada Koperasi Wanita. Fakultas Ekonomi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.

Published

2020-01-02

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>