Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh : 1) iklim organisasi terhadap stres kerja karyawan pada PT. BRI Cabang Tanjung dan Unit Tanjung Kota Kabupaten Tabalong; 2) lingkungan kerja terhadap stres kerja karyawan pada PT. BRI Cabang Tanjung dan Unit Tanjung Kota Kabupaten Tabalong; 3) Besarnya pengaruh iklim organisasi dan lingkungan kerja terhadap stres kerja karyawan pada PT. BRI Cabang Tanjung dan Unit Tanjung Kota Kabupaten Tabalong.


Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dengan kuesioner dan observasi. Sampel penelitian ini sebanyak 50 orang karyawan diantaranya 36 karyawan BRI Cabang Tanjung, dan 14 karyawan Unit Tanjung Kota. Teknik analisa data dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas, menggunakan analisis regresi berganda, dan Pengujian hipotesis menggunakan uji t, uji F dan uji determinan.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Tidak ada pengaruh iklim organisasi terhadap stres kerja karyawan, nilai Sig. 0,629 > 0,05; 2) Tidak ada pengaruh lingkungan kerja terhadap stres kerja, dinyatakan nilai Sig. 0,362 > 0,05; 3) Besarnya pengaruh iklim organisasi dan lingkungan kerja terhadap stres kerja karyawan dapat dilihat nilai Adjusted R Square 0,014 atau 1,4%. Artinya, pada penelitian ini terdapat pengaruh 1,4% , 98,6% dipengaruhi oleh variabel lain.


Kata kunci : Iklim Organisasi; Lingkungan kerja; Stres Kerja