Abstract

Perputaran modal kerja sangat penting bagi suatu perusahaan apabila perputaran modal kerja tinggi akan menunjukkan semakin produktif modal kerja yang digunakan agar lebih cepat memperoleh keuntungan. Tujuan penelitian adalah 1) untuk mengetahui ada kah pengaruh perputaran modal kerja terhadap profitabilitas, 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perputaran modal kerja terhadap profitabilitas (Perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2014).


Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data laporan keungan. Populasi yang digunakan berjumlah 55, dan sampel penelitian adalah 32 dari 8 perusahaan property dan real estate yang berbeda. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SPSS 23.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel perputaran modal kerja (X) terhadap profitabilitas (Y), diperoleh nilai signifikan (sig) sebesar 0,000, nilai ini jauh lebih kecil di bandingkan dengan 0,05 dan nilai terhitung sebesar 2,216, sedangkan p value sebesar 0,000, sehingga p value <5% (0,000<0,05), artinya ada pengaruh signifikan. Dengan nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,0323 yang berarti 32,3%.


Kata Kunci : Perputaran modal kerja, Profitabilitas, Perusahaam Property, Real Estate