KUALITAS PELAYANAN MASYARAKAT DILIHAT DARI ASPEK TANGIBLE (BERWUJUD) PADA PUSKESMAS TANTA KECAMATAN TANTA KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Risty Milasari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Safrul Rijali Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Syahrani Syahrani Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

Poli Umum, kualitas pelayanan, pelayanan berkualitas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimanakah Kualitas Pelayanan Di Puskesmas Tanta agar terciptanya pelayanan yang baik terhadap masyarakat. Dalam hal ini untuk mengetahui Kualitas Pelayanan yang di berikan kepada masyarakat, Zheithaml, Parasuraman & Berry ( dalam Hardiansyah 2011:46)  Penampilan petugas/aparatur dalam melayani pelanggan, Kenyamanan tempat melakukan pelayanan, Kedisiplinan petugas/aparatur dalam melakukan pelayanan, Kemudahan proses dan akses layanan, Penggunaan alat bantu dalam pelayanan maka peneliti hanya memfokuskan pada satu indikator yaitu pada aspek Tangible (Berwujud). Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif-kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik Angket atau Kuesioner yaitu memberikan kepada 30 responden yang dianggap memiliki pengetahuan dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Angket atau Kuesioner, Observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan sesuai dengan pendapat yang dikemukaan oleh Muhammad Ali(1985:155).Hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan Masyarakat  di llihat dari aspek Tangible (Berwujud) pada Puskesmas Tanta Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong dapat dikategorikan “cukup berkualitas”.

Kata Kunci: Poli Umum, Kualitas Pelayanan, Pelayanan yang berkualitas

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Akhsanu, Ilham Ridho, Pelayanan Puskesmas , 2008
Arikunto. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Sagung Seto.
Hardiansyah .2011.Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2001. Jakarta; Balai Pustaka
Kotler Philip. 2005, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, PT. Indeks KelompokGramedia, Jakarta.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan,Implementasi,dan Pengendalian.
Jak Sinambela, Lijan Poltak. Dkk. 2011 .Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta:Bumi Aksara
Suprapto J. 2001. Pengukuran tingkat Kepuasan pelanggan, untuk menaikkan pangsa pasar.Jakarta : Rineka cipta
Tjiptono, Fandy. 2004. Manajemen Jasa. Andi.Jogja.
Departemen Kesehatan RI, 2004. Kebijakan Dasar Pusat Kesehatan MasyarakatTahun 2004. Penerbit Depkes RI. Jakarta.
Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 1991. Pedoman Kerja Puskesmas. Jakarta : Departemen Kesehatan.
Kepmenpan Nomor 63 tahun 2003 Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik
Undang-undang No. 36 tahun 2009. Tentang Kesehatan
Aji fatrunisah, (2015). Dalam penelitiannya yang berjudul “ Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Malinau Seberang Kecamatan Malinau Utara Kabupaten Malinau.
Coniyanti kueng, (2016) Dalam penelitiannya yang berjudul “Studi Tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Kecamatan Sungai Boh Kabupaten Malinau”.
Isnawati,(2016).Dalam penelitiannya yang berjudul “Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas Sempaja Di Kota Samarinda”.
Moses Kaisar Benombo, (2015). Dalam penelitiannya yang berjudul “Kualitas Pelayanan Puskesmas Sekolaq Darat Kabupaten Kutai Barat”.
Muhammad Nurfauzi, (2013). Dalam penelitiannya yang berjudul “Kualitas Pelayanan Kesehatan Dalam Memberikan Kepuasan Masyarakat Pada Puskesmas Desa Genting Tanah Kecamatan Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara”
Steven Konli, (2014). Dalam penelitiannya yang berjudul “Pelayanan Kesehatan Masyarakat Di Puskesmas Desa Gunawan Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung”.
http://www.materibelajar.id/2016/03/faktor-penghambat-pelayanan-publik.html

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Milasari, R., Rijali, S., & Syahrani, S. (2019). KUALITAS PELAYANAN MASYARAKAT DILIHAT DARI ASPEK TANGIBLE (BERWUJUD) PADA PUSKESMAS TANTA KECAMATAN TANTA KABUPATEN TABALONG. JAPB, 1(2), 658–673. Retrieved from https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/148

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>