ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBANGUNAN SUMUR BOR DALAM PEMENUHAN AIR BERSIH (STUDI TENTANG ALOKASI DANA DESA DI DESA UWIE KECAMATAN MUARA UYA KABUPATEN TABALONG)

Authors

  • Muhammad Bayu Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Muhammad Noor Ifansyah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Muhammad Riyandi Firdaus Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

Efektivitas, pembangunan sumur bor

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk : 1). Untuk menganalisis dan mengetahui  efektivitas pembangunan sumur bor dalam pemenuhan air bersih (studi tentang alokasi dana Desa Di Desa Uwie Kecamatan Muara Uya kabupaten Tabalong), 2). Untuk menganalisis dan mengetahui faktor yang menghambat efektivitas pembangunan sumur bor dalam pemenuhan air bersih (studi tentang alokasi dana Desa Di Desa Uwie Kecamatan Muara Uya kabupaten Tabalong).Metode yang digunakan adalah metode deskristif kualitatif yang memaparkan terhadap fenomena yang terjadi pada pembangunan sumur bor di Desa Uwie Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong dalam upaya meningkatkan kesejahtraan masyarakat Desa Uwie RT 16 Kecamatan Muara Uya. Populasi penelitian adalah Aparatur Desa Uwie Keamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong serta warga masyarakat RT 16 Desa Uwie Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong pelanggan sumur bor di RT 16 Desa Uwie yang berjumlah 50 yang terdiri hanya satu RT. Jumlah populasi yang di ambil oleh peneliti sebanyak 30 responden. Data yang diperoleh peneliti melalui observasi, dokumentasi dan angket, selanjutnya dianalisa menggunakan tabel-tabel dan angket absolut maupun relative. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada ke efektivitasan pembuatan sumur bor dikategorikan cukup tepat dengan presentasi tertinggi 55,8%. Faktor yang menghambat dalam pembangunan sumur bor di Desa Uwie Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong yang ditemukan peneliti ada dua masalah yang utama yaitu : 1). Hambatan dari faktor alam a). Kecilnya debit air, 2). Hambatan dari segi waktu. a) Pembangunan fisik tidak bisa di selesaikan tepat waktu

Kata kunci : Efektivitas, Pembangunan Sumur Bor

References

DAFTAR PUSTAKA
Adi Julianto 2017 Efektivitas Pengelolaan Dana Desa (ADD) di Kecamatan Sembakung Kabupaten Nunukan”.jurnal pemerintahan integrative 5 (4): 478-487
Afrizal. (2015). Metode Penelitian Kualitatif; Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: Rajawali Pers.
Edwin Kambey “Efektivitas Pengggunanaan Dana Desa Dalam Pelaksaan Pembangunan Di Desa Keregesan Kecamatan Kautidan Kabupaten Minahasa Utara”, (https://ejournal.unstrat.ac.id)
Fardika Wahyu Pujangga dalam jurnalnya “Efektivitas Pengelolaan Air Bersih Oleh Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (HIPPAM) Studi Di Desa Kesambem wetan Kecanatan Driyerejo Kebupaten Gresik”. (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.ad)
Linhamas.1997. Metodelogi.Pembangunan Desa. PT.Binakarsa. Jakarta.
Martono, Nanang. 2015. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.
Miles,Mathew B., A Michael Huberman.& Jhony Saldana. 2014. Analisis Data Kualitatif. UL-press. Jakarta.
Moenir.(2006). Efektivitas Kebijakan Kelembagaan Pengawasan.
Muhammad. Ali. 1987. Penelitian pendidikan prosedur dan strategi. Surabaya: Usaha Nasional.
Nova Sulastri (2016)”Efektifitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa dalam meningkatkan pembangunan fisik di Desa Lakapodo Kecamatan Watopute Kabupaten Muna” (https//sitedi.uho.ac.id).
Pasolong, Harbani. 2010.Teori Administrasi Publik. Jakarta: Alfabeta
Pedoman Penulisan Skripsi 2018
Safira Insani (2015) “Efektifitas Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis masyarakat (PAMSIMAS) Di Temanggung” (https://journal.student.uny.ac.id).
Siagian, Sondang P. (2012). Administrasi Pembangunan. Surabaya: Pustaka Agung.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
W.J.S Poerwadarminta. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka.

Downloads

Published

2019-12-31

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)