PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT ASURANSI JASA INDONESIA DI KABUPATEN TABALONG PROPINSI KALIMANTAN SELATAN

Authors

  • Nasrudin Nasrudin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Jauhar Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Indriati Sumarni Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Kepuasan, Pelayanan

Abstract

PT Asuransi Jasa Indonesia merupakan perusahaan asuransi yang dimiliki 100% oleh Negara Republik Indonesia yang menerima pertanggungan asuransi baik langsung maupun tidak langsung. Didirikan pada tahun 1973, Asuransi Jasindo telah memiliki 48 Kantor Cabang, 36 Kantor Penjualan yang tersebar di seluruh Indonesia. Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT Asuransi Jasa Indonesia di Kapupaten Tabalong Propinsi Kalimantan Selatan (2) untuk mengetahui besarnya kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT Asuransi Jasa Indonesia di Kapupaten Tabalong Propinsi Kalimantan Selatan. Populasi sampel adalah nasabah PT Asuransi Jasa Indonesia. Teknik sampel yang digunakan teknik simple random sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 70 responden nasabah PT Asuransi Jasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan nasabah (Y) terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 33,8% dan sisanya 66,2% dipengaruhi oleh faktor lain di luar dari variabel penelitian ini.

Kata kunci : Kualitas Pelayanan ; Kepuasan Nasabah

References

DAFTAR PUSTAKA
1) Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
2) Amelia (2012) judul penelitian “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Siswa Dalam Mengikuti Kursus di Lembaga Bimbingan Belajar”. Universitas Jakarta
3) Atmaja (2011) judul penelitian “Analisis pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Tiket Garuda di PT Falah Fantastic Tour Travel Bogor)”.Universitas Bogor
4) Aprilia K,SE,M.Sc,Akt dan Prof. Ghozali,M.Com. Ph.D,Akt “GesCA” Penerbit Universitas Diponegoro Semarang, Semarang 2013
5) Irawan, H. 2007. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
6) Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran (Terjemahan,Jilid1). PT. Prehallindo, Jakarta.
7) Khatimah (2011) judul penelitian “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan nasabah (Studi pada Nasabah BRI Cabang Semarang Pattimura)”. Universitas Semarang
8) Lovelock, Christopher and Jochen Wirtz. 2005. Manajemen Pemasaran Jasa (Terjemahan). PT. Indeks, Jakarta.
9) Parasuraman, A. Zethamal, Valarie A. Berny, Leonard 2001 “Delivering Quality Services, Belancing Customer Perceptions and Expectations” The Free Press, New York 2000
10) Rambat Lupiyoadi. 2004. Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Pratek. Jakarta: PT salemba Empat.
11) Rahman, T. (2017). Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Karyawan PDAM Tanjung Kabupaten Tabalong. Jurnal PubBis, 2(2), 187-200.
12) Richardson. G, 2006 Determinan of Tax Evasion: A Cross Country Investigation Journal of International Accounting Auditing and Taxation 15, 150 169
13) Samosir (2005) judul penelitian “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Perpustakaan”. Universitas Jakarta
14) Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Administrasi. Bandung. Alfabeta. Manusia.Yogyakarta: STIE YKPN
15) Supranto. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Cetakan Ketiga. Rineka Cipta: Jakarta
16) Tjiptono, Fandy, 2005, Pemasaran Jasa, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Penerbit : Bayumedia Publishing, Malang.
17) Yulandari (2009) judul penelitian “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Garuda Indonesia Airways Terhadap Kepuasan Konsumen di Kota Surakarta”. Universitas Surakarta
18) Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya

Downloads

Published

2019-12-28

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>