Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk menjelaskan dan menganalisis Peran Lurah Sebagai Penyelaras (Disiplin) dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai Kelurahan Pembataan Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong (2) Untuk menjelaskan dan menganalisi Faktor-faktor yang menghambat Peran Lurah Sebagai Penyelaras (Disiplin) dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai Kelurahan Pembataan Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong.


Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif kualitatif dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berdasarkan teknik observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi.Adapunpopulasi / responden dalam penelitian ini berjumlah 7 (Tujuh) orang responden yang terdiri dari 1 orang sekretaris  Lurah, 4 orang Pegawai Kelurahan, 2 Orang Masyarakat Kelurahan Pembataan.


Berdasarkan dari hasil penelitian maka dapatlah kesimpulan bahwa Peran Lurah sebagai Penyelaras (Disiplin) dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai Kelurahan Pembataan sudah baik. Faktor Penghambat Peran Lurah sebagai Penyelaras (disiplin) dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai Kelurahan Pembataan yaitu (a)Faktor Pelaksanaan, (b) Faktor Tanggung Jawab, (c) Faktor tindakan,


Kata Kunci : Peran ; Kepemimpinan ; Disiplin