PERAN PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA APARATUR SIPIL NEGARA PADA DINAS PEMUDA OLAHRAGA DAN PARIWISATA KABUPATEN BARITO TIMUR

Authors

  • Lasmi Hanriati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Rahmi Hayati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Erwan Mardani Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

Peran Pemimpin, Disiplin Kerja

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peran pemimpin pada Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Barito Timur ini dalam meningkatakan disiplin kerja pegawainya, untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor apasajakah yang menghambat peran pemimpin dalam meningkatka disiplin kerja Pada Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Barito Timur ini dalam meningkatkan disiplin kerja pegawainya.Metodelogi yang digunakan yaitu deskriftif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara kepada 5 orang informan yaitu 1 orang Kepala Dinas dan 4 orang Pegawai Aparatur Sipil Negara yang menurut Miles, Huberman dan Saldana yang dianggap memiliki pengetahuan yang berhubungan dengan penelitian. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu  wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data (data display) dan pengambilan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian tentang Peran Pemimpin Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Aparatur Sipil Negara Pada Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Barito Timur dapat ditarik kesimpulan bahwa, 1) peran pemimpin dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai nya sudah berjalan dengan baik Pada Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Barito Timur. 2) Adapun yang menjadi faktor-faktor penghambat peran pemimpin dalam meningkatkan disiplin kerja yaitu kurangnya kesadaran dari dalam diri masing-masing pegawai dan kurangnya penghargaan yang diberikan atas prestasi yang telah dicapai.     

Kata Kunci : Peran Pemimpin, Disiplin Kerja.

References

Daftar Pustaka
Buku - Buku
Clark, Evelyn. 2007. Around The Cotporate Campfire: Bagaimana para pemimpin Besar Menggunakan Cerita Untuk Meningkatkan Kesuksesan (Terjemahan). Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Covey, Stephen. R. 2008. The 8th Habit: Melampaui Efektifitas, menggapai keagungan (terjemahan). Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Djatmiko, Yayat Hayati. 2003. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Alfabeta. Bandung.
Griffin, Ricky. 2004. Manajemen (terjemahan): Jilid 1 dan 2. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Hasibuan, S. P. Malayu. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia: Edisi Revisi. Bumi Aksara. Jakarta.
Kartini, Kartono, 2005. Kepemimpinan : Apakah Kepemimpinan Abnormal itu?. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Marwansyah, 2010. Manajemen Sumber Daya Manusi. Edisi Kedua. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Pasalong, Harbani. 2008. Kepemimpinan Birokrasi. Penerbit Alpabeta. Makasar.
Rachmat, H. 2014. Manajemen Strategik. Penerbit Pustaka Setia. Bandung.
Rivai, Veithzal. 2003. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Sanusi, Anwar. 2012. Metodelogi Penelitian Bisnis. Salemba Empat. Jakarta.
Sashkin, Marshaal dan Molly G. Sashkin. 2011. Prinsip- Prinsip Kepemimpinan (terjemahan). Penerbit Erlangga. Jakarta.
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Publik, 2016/2017, Pedoman Penulisan Skripsi Dan Penulisan Usulan Penelitian (UP). Tanjung.
Tambunan, Sony, Toman. 2015, Pemimpin Dan Kepemimpinan. Graha Ilmu Yogyakarta.
Jurnal-Jurnal
Jasin, A. 1989. Peningkatan Pembinaan Disiplin Nasional dalam Sistem dan Pola Pendidikan Nasional. Dalam analisis CSIS. No. 4 Tahun XVII, Juli-Agustus 1989. Jakarta: Centeer for Strategic and Internasional Studies.
Langkay, Jimi. “Peran Kepemimpinan Camat Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai ( Studi Kasus Kantor Kecamatan Amurang Barat)”.
Mardan. “Peran Pemimpin Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai Dibiro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara, Maret (2016)”.

Suryani, L. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Pelayanan Terhadap Budaya Organisasi Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Tabalong. Jurnal PubBis, 3(1), 54-69.
Yuliani Wibowo. R. 2013. “Peran Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Kedisiplin Pegawai Pada Badan Penanaman Modal Daerah Jawa Tengah. Semarang .
Peraturan Perundangan
Peraturan pemerintah No. 53 Tahun 2010, Tentang Peraturan Disiplin Aparatur Sipil Negara
Undang-Undang No. 43 Tahun 1999 tentang Undang-Undang Pokok Kepegawaian
Internet
(Https://id.wikipedia.org/wiki/Aparatur_Sipil_Negara), accesed on Mei 29st.2017

Downloads

Published

2019-12-28

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>