ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (E-KTP) DILIHAT DARI ASPEK ASSURANCE (JAMINAN) DI KANTOR KECAMATAN BINTANG ARA KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Kariana Kariana Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Muhammad Noor Ifansyah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Murjani Murjani Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

Kualitas, Pelayanan, Kartu Penduduk Elektronik, KTP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang menghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif dengan teknik kuantitatif. Teknik dalam pengumpulan data melalui proses Observasi, Wawancara, Angket, disertai Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa analisis kualitas pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) dilihat dari aspek assurance (jaminan) di Kantor Kecamatan Bintang Ara sudah “ baik” dengan hasil 68.10%. Untuk menganalisis kualitas pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) peneliti menggunakan teori  Zeithhaml, Parasaruman dan Berry dengan menggunakan aspek assurance (Jaminan) yaitu: petugas memberikan jaminan tepat waktu dalam pelayanan, petugas memberikan jaminan biaya dalam pelayanan, petugas memberikan jaminan legalitas dalam pelayanan, dan petugas memberikan jaminan kepastian dalam pelayanan. Faktor-faktor yang menghambat kualitas pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) dilihat dari aspek assurance (jaminan) di Kantor Kecamatan Bintang Ara adalah faktor Sumber Daya Manusia (SDM) dan faktor pendukung sistem.

Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan, Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP)

References

DAFTAR PUSTAKA
Afrizal. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Arif. 2007. Pemasaran Jasa Dan Kualitas Pelayanan. Bayu Media Publishing. Malang.
Arsip, Dokumen Kantor Kecamatan Bintang Ara Kabupaten Tabalong.
Ali, Muhammad. 1998. Strategi Penelitian Pendidikan. Angkasa. Jakarta.
Hardiyansyah. 2011. Kualitas pelayanan publik konsep, dimensi, indikator dan implementasinya. Gava Media. Yogyakarta.
Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Erlangga. Yogyakarta.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Buku Kedua. PT. Indeks. Jakarta.
Lukman, Sampara. 2000. Manajemen Kualitas Pelayanan. STIA-LAN Press. Jakarta.
Martono, Nanang. 2015. Metode Penelitian Sosial. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Moenir. 2006. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Bumi Aksara. Jakarta.
Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Pasolong, Harbani. 2007. Teori Administrasi Publik. CV Alfabeta. Bandung.
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2009 Tentang Penerapan Kartu Tanda Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara Nasional.
Permendagri Nomor 9 Tahun 2011 tentang pedoman penerbitan ktp berbasis NIK secara Nasional.
Ratminto & Winarsih . 2005. Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Sinambela, Lijan Potlak dkk. 2006. Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan Dan Implementasi, PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Pemasaran. Andi Offest. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Bayu Media. Malang.
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.
Alber Tandi Limbong. 2017. “Kualitas pelayanan dalam pengurusan e-ktp di kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten kutai timur”. Hal 731-732.
Arlita Rakhmah. 2014. “Kualitas pelayanan publik dalam pembuatan e-ktp di dinas kependudukan dan catatan sipil surabaya”.
Suriyani, E. (2017). Efektivitas Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) Di Kantor Kecamatan Bintang Ara Kabupaten Tabalong. Jurnal PubBis, 2(2), 150-160.

Ika Puji Rahayu. 2012. “Analisis kualitas pelayanan pembuatan e-ktp di kecamatan gayamsari”. Hal 8.
Saiful Haq, Agus Suharsono. Suji. 2014. “Kualitas pelayanan pembuatan kartu tanda penduduk dikantor kecamaataan suboh kabupaten situbondo”.
Theodosius M. Harikedua. 2011. Kualitas pelayanan e-KTP dikantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota manado.
Http://www.e-ktp.com/2011/06/fungsi-dan-kegunaan-ektp.

Downloads

Published

2019-12-28

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)