Abstract

Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Dilihat Dari Aspek Kecendrungan Pelaksana (Implementor) pada SMA Negeri 2 Tanjung Kabupaten Tabalong. penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan kebijakan sertifikasi guru di SMA Negeri 2 Tanjung dengan menggunakan teori yang digagas oleh Van Meter dan Van Horn berupa, standar dan sasaran kebijakan, sumber daya, hubungan antar organisasi, karakterisitik agen pelaksana, kondisi ekonomi, sosial dan politik serta disposisi implementor dimana keenam variabel/indikator ini sangat berperan dalam proses implementasi kebijakan. Dari ke enam Indikator itu peneliti memfokuskan pada Disposisi Implementor. Pada penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara langsung kepada nara sumber dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan sertifikasi guru di SMA Negeri 2 Tanjung telah berjalan dengan cukup baik.


Kata Kunci: Implementasi, Kebijakan Sertifikasi Guru, Kualitas Guru