EVALUASI KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TANJUNG KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Helda Rina Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Budi Setiawati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Wahyu Subadi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

Evaluasi, Kebijakan, Sertifikasi Guru, Kualitas Guru

Abstract

Evaluasi Kebijakan Sertifikasi Guru Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanjung Kabupaten Tabalong. Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana evaluasi kebijakan sertifikasi guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanjung Kabupaten Tabalong dengan menggunakan teori yang digagas oleh William Dunn berupa, efektifitas, efisien, kecukupan, kesamaan, responsivitas dan ketepatgunaan dimana keenam variabel/indikator ini sangat berperan dalam evaluasi kebijakan. Dan faktor-faktor  penghambat  evaluasi kebijakan sertifikasi guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanjung Kabupaten Tabalong. Pada penelitian ini yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara langsung kepada nara sumber dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi kebijakan sertifikasi guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanjung Kabupaten Tabalong telah berjalan dengan cukup baik.

Kata Kunci: Evaluasi, Kebijakan Sertifikasi Guru, Kualitas Guru

References

DAFTAR PUSTAKA
Chandler, Plano, Tangkilisan (2003 :
1) mengemukakan bahwa
Kebijakan Publik adalah pemanfaatan yang strategis terhadap sumber daya yang ada untuk memecahkan masalah- masalah publik atau pemerintah. Dunn, William. 1999.
Mengemukakan pendapat tentang indikator-indikator dalam evaluasi kebijakan. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Jakarta : Gajah Mada.
Jalal (2007) menjelaskan tentang Tujuan Sertifikasi Guru.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (1996 : 272) menjelaskan bahwa Evaluasi berarti Penilaian.
Milles, Huberman dan Saidana.
2015. Analisis Data Kualitatif.
6) Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Rosdakarya Remaja .
Muslich M, ( 2007 ) Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Pasalong Harbani. 2016. Metode Penelitian Administrasi Publik. Alfabeta. Bandung.
Syafiie, Kencana, Inu. 2015. Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia (SANRI). Cetakan

Kedelapan. Bumi Aksara. Jakarta.
Stufflebeam (1971) mengemukakan evaluasi merupakan proses menggambarkan, memperoleh, dan menyajikan informasi yang berguna untuk menilai alternatif penilaian.
Winarno (2008 : 225) menjelaskan Bila kebijakan dipandang sebagai suatu pola kegiatan yang beruntun, maka evaluasi kebijakan merupakan tahap akhir dari kebijakan publik.
Wirawan (2012 : 272) mengemukakan Evaluasi riset untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan informasi yang bermanfaat.
Dokumen :
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Undang-Undang RI,
Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta : Eka Jaya
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Peraturan Pemerintah
RI, Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Depdiknas

Permendiknas Nomor 16 Tahun 2005 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Pendidik
Departemen Pendidikan Nasional, (2000). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Konsep dan Pelaksanaan. Jakarta: Depdiknas
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor
20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas
Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan, Jakarta: Depdiknas
Jurnal :
Arifin, J., Setiawati, B., & Arifin, K. (2018). Opini Masyarakat Terhadap Mutu Pendidikan Dasar Pada Sekolah Dasar Negeri (Sdn) Di Kabupaten Tabalong. Jurnal PubBis, 2(4), 402-421
Akhmad Yantono. 2016. Evaluasi Program Tunjangan Profesi Guru di SMP Negeri Kabupaten Kendal. Alumni Program Pascasarjana Magister
Manajemen Pendidikan FKIP
Universitas Kristen Satya
Wacana.

Agustinus Lejiu, Masjaya, Bambang Irawan. 2014. Evaluasi Kebijakan Pembangunan Transmigrasi di Kabupaten Mahakam Ulu.
Ahmad Fathoni. 2013. Evaluasi Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang.
Apris Khoir Frendy. 2012. Evaluasi Potensi Pendapatan Pajak dan Retribusi Daerah di Kabupaten Wonogiri. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Alif Hazmi Istifazhuddin. 2016. Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Nguwok Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan. Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara FISIP Universitas Airlangga.
Ester Oruw, Dhullo Afandi. Evaluasi Sistem Penerimaan Retribusi Daerah Di Kabupaten Kaimana Papua Barat Tahun 2013-2014. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi Universitas Sam Ratulangi Manado. Jeane Marie Tulung. Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Di Balai Diklat Keagamaan Manado
Jessie Tilung. 2014. Evaluasi Program Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan Di Desa Warukapas Kecamatan Dimembe.
Kus Winarno, Mubasysyir Hasanbasri, Deni Kurniadi Sunjaya. 2013. Evaluasi Kebijakan Pembangunan Puskesmas Pembantu Di propinsi Kalimantan Tengah. Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
Makmur. 2015. Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian. Evaluasi Pelaksanaan Program Pemberdayaan Desa (PPD) Di Kabupaten Rokan Hulu. Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian.
Muhamad Lukman Al Hakim. 2015.
Evaluasi Pelaksanaan

Kebijakan Pemeliharaan Jalan Kota di Kota Surabaya. Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara, FISIP, UNAIR.
Muhammad Irawan Prasetyo. 2013. Evaluasi Kebijakan Sidoarjo Kota Ramah Anak di Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo. Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara, FISIP Universitas Airlangga.
Mulyono Yalia. 2013. Evaluasi Kebijakan Program Mobile Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK). Balai pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Bandung (BPPKI) Bandung.
Raymond S. Worotikan, Lisbeth Mananeke, Genita G. Lumintang. 2016. Evaluasi Pelaksanaan Pekerjaan Terhadap Kinerja Guru Sertifikasi Pada SMP Katolik Hati Kudus Karombasan Manado. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Manajemen Sam Ratulangi Manado.
R. Andi Ahmad Gunadi. Evaluasi Pembelajaran Aktif Kreatif

Efektif dan Menyenangkan Dengan Model Context Input Process Product. Fakultas Ilmu Pendidikan UMJ.
Reza Fachrudin. 2015. Evaluasi Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan Pemerintah Kota Balikpapan. Program Magister Ilmu Administrasi Publik, Universitas Brawijaya Malang
Rusmawati, Masjaya, Muhammad Noor. 2014. Evaluasi Kebijakan Pendidikan Dasar Dan Menengah (DIKDASMEN) Provinsi Kalimantan Timur Dalam Rangka Pelaksanaan Program Wajib Belajar 12 Tahun Di Kota Samarinda.
Syahruddin, Evaluasi Implementasi Kebijakan Pengembangan Kawasan Industri. Bagian Pelayanan Risalah dan Putusan Setjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI.
Syarifuddin Usman, Asrul Sani Habib. 2016. Evaluasi Kebijakan Satu Desa Satu Milliar Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai. Studi Desa Gotalamo Kecamatan Morotai

Selatan dan Desa Bere-Bere Kecamatan Morotai Utara.
Widiyaka, Netty Herawati, Martoyo. 2013. Evaluasi Program Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Sekolah Menengah Pertama Negeri di Dinas Pendidikan Kubu Raya. Program Studi Administrasi Negara Program Magister Ilmu Sosial Universitas Tanjungpura Pontianak.

Downloads

Published

2019-12-28

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>