PELAYANAN REHABILITASI SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS DILIHAT DARI ASPEK RESPONSIVITAS DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI PADA DINAS SOSIAL KOTA BANJARMASIN

Authors

  • GT Wahyu Ilahi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Budi Setiawati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Jamaludin Jamaludin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

Pelayanan Publik, Rehabilitasi Sosial, Penyandang Disabilitas, Responsivitas

Abstract

Untuk mewujudkan penyandang disabilitas yang mandiri dan mampu bersosialisasi, Melihat hal tersebut, maka penting untuk melihat bagaimana pelayanan rehabilitasi sosial dilihat dari aspek responsivitas Dinas Sosial Kota Banjarmasin agar pelayanan yang diberikan sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat sehingga pelayanan yang lebih baik dapat diwujudkan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pelayanan rehabilitasi sosial penyandang disabilitas dilihat dari aspek reponsivitas dalam rangka meningkatkan kemampuan bersosialisasi pada Dinas Sosial Kota Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara kepada 5 informan yang dianggap memiliki pengetahuan yang berhubungan dengan penelitian ini. Reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan adalah teknik analisa data yang digunakan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan rehabilitasi sosial penyandang disabilitas dilihat dari aspek reponsivitas dalam rangka meningkatkan kemampuan bersosialisasi pada Dinas Sosial Kota Banjarmasin dapat dikatakan baik. Hal ini diukur menggunakan indikator yang dikemukakan oleh zeithaml yang terdiri dari kemampuan merespon, kecepatan melayani, ketepatan melayani, kecermatan melayani, ketepatan waktu melayani yang dilakukan dengan baik. Walaupun dalam indikator kemampuan menanggapi keluhan yang dilakukan dengan cukup baik, hal ini dikarenakan tidak semua keluhan masyarakat atau pengusulan bantuan dapat terpenuhi, karena banyaknya pengusulan bantuan dan terbatasnya anggaran.

Kata Kunci: Pelayanan Publik, Rehabilitasi Sosial, Penyandang Disabilitas, Responsivitas

References

DAFTAR PUSTAKA
Achmad, Badu. 2012. Manajemen Pelayanan Publik. Makassar: Andi Offset.
Dwiyanto, Agus. 2006. “Mewujudkan Governance Melalui Pelayanan Public”, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Hardiyansyah. 2011. “Kualitas Pelayanan Publik”. Yogyakarta: Gava Media.
Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sinambela, Lijan Poltak. 2006. “Reformasi Pelayanan Publik (Teori, Kebijakan dan Implementasi)”. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2012. ”Memahami Penelitian Kualitatif”. Bandung: Alfabeta.
Tangkilisan, Hassel Nogi S, 2005. “Manajemen Publik”. Jakarta; Grasindo
Herdiani, Hilda. 2015. “Responsivitas Pelayanan Publik (Studi Kasus Pelayanan Kesehatan Rawat Inap Rumah Sakit Sayang Rakyat Kota Makassar)”. Skripsi. Tidak Diterbitkan.
https://m.kumparan,com/banjarhits/data- difabel-di-banjarmasin-perlu- diperbarui- 1533814983435285361.
(diakses tanggal 3 september 2018 pukul 6.30 WITA)
Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial. 2017. “Pedoman Pelaksanaan Pemberian Asistensi Sosial Bagi Penyandnag Disabilitas Berat”. Jakarta: Kementerian Sosial Republik Indonesia.
Republik Indonesia, 2011, “Undang- Undang No. 19 tentang pengesahan Konveksi Hak-Hak Penyandang Disabilitas”, Jakarta: Sekretariat Negara.

Downloads

Published

2019-12-28

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>