PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK HONDA PADA PT NUSANTARA SURYA SAKTI KECAMATAN JARO KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Budi Setiawan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Budi Setiawati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Sukardi Pakaja Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui dan menganalisis harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor merk Honda di NSS Jaro (2) Untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merk Honda di NSS Jaro (3) Untuk mengetahui besarnya pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merk Honda di NSS Jaro. Populasi sampel adalah customer PT Nusantara Surya Sakti Jaro Kabupaten Tabalong. Teknik sampel yang digunakan teknik simple random sampling.  Jumlah   sampel   yang   diambil   adalah   sebanyak   30   customer   PT Nusantara Surya Sakti Jaro Kabupaten Tabalong. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pada sepeda motor merk Honda di dealer NSS Jaro sebesar 10,79% dan sisanya 89,21% di pengaruhi oleh faktor lain diluar dari indikator yang digunakan dari penelitian ini (2) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merk Honda di NSS Jaro sebesar 27,15% dan sisanya 72,85% di pengaruhi oleh faktor lain diluar dari indikator yang digunakan dari penelitian ini (3) Secara simultan pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada sepede motor Merk Honda di dealer NSS Jaro dapat dilihat dari AFIT dengan nilai sebesar 33,6% dan sisanya 66,4% di pengaruhi oleh faktor lain  diluar dari indikator yang digunakan dari penelitian ini.

Kata kunci : harga, kualitas pelayanan dan keputusan pembelian

References

DAFTAR PUSTAKA

1) Aaker A, David, 1991, Managing Brand Ekuity: Capitalizing on the Value of Brand Name, New York: The Free Press.
2) Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. PT Rineka Cipta. Yakarta.
3) Amrullah, Pamasang S. Siburian dan kawan - kawan (2016), dengan judul “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian”. Universitas Samarinda
4) Boediono, 2003, Pelayanan Prima, Jakarta : Rineke Cipta Buchari Alma, Manajemen Dan Pemasaran Jasa, (Bandung : Alfabeta 2005), Cet Ke- 4, h. 169
5) Basu Swastha, 2010. Manajemen Penjualan
.Yogyakarta: Penerbit BPFE.
6) Heri Setiawan dan kawan - kawan (2012) melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk, Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi Kasus Pada PT Trio Motor Semarang)” Universitas Semarang
7) Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan, Prentice Hall, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Salemba Empat
8) Kotler, Phillip dan K.L. Keller, 2009, Manajemen Pemasaran: Edisi 12, jilid 1, Jakarta, Indeks.
9) Kanisius Waro Wanda (2015) yang berjudul “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Matic Beat. (Studi Kasus Pada PT Nusantara Surya Sakti)” Unversitas Surabaya
10) Karlina Aprilia K, SE, M.Sc, Akt, Proft. Imam Ghozali, M.
Com, Ph.D, Akt. 2013
Generalized Structured
Component Analysis (GESCA), Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang
11) Lupiyoadi, Rambat, Manajemen Pemasaran Jasa Teori Dan Pratik, Jakarta : Salemba Empat, 2001
12) Muhammad Yusup (2013) melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Harga, Produk, Promosi, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Projector Microvision” Universitas Surabaya
13) Olsen, R, Paul, Wyckoff, D, Daryl,1978, Management of Services Operation Allyn and Bacon, Boston
14) Parasuraman, A. Zethamal, Valarie A. Berny, Leonard 2001 “Delivering Quality Services, Belancing Customer Perceptions and Expectations” The Free Press, New York 2000
15) Sugiyono, 2012,Metode Penelitian Bisnis Kuantitatif kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
16) Tjiptono, Fandy, 2011, Manajemen dan Strategi Merek, Yogakarta, Penerbit ANDI.

Downloads

Published

2019-12-28

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>