ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KINERJA PELAYANAN KEPOLISIAN RESORT BALANGAN

Authors

  • Budi Setiawati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

DOI:

https://doi.org/10.35722/pubbis.v6i1.583

Keywords:

tingkat kepuasan masyarakat, sim, kinerja, pelayanan, publik, kepolisian, polres, balangan, polri

Abstract

Penelitian kepuasan masyarakat ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pelayanan kepolisian resor Balangan pada pelayanan surat ijin mengemudi (SIM). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, tekhnik pengumpulan data menggunakan angket, analisis data menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat dari PermenPan RB Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik dengan pengolahan data menggunakan statistik sederhana berdsarkan distribusi frekuensi.

Berdasarkan hasil penelitian Indeks Kepuasan Masyarakat sebesar 91,70 dan Indeks Harapan Masyarakat sebesar 91,40 di polres Balangan dan berada pada kategori sangat baik. Artinya dari 9 unsur dimensi indeks kepuasan masyarakat dari PermenPan RB Nomor 14 Tahun 2017 telah diimplentasikan dengan baik, sehingga kinerja pelayanan dirasakan mampu memberikan kepuasan kepada pengguna layanan di Polres Balangan.

Kata kunci: Tingkat Kepuasan Masyarakat, Kinerja Pelayanan Organisasi Publik.

References

DAFTAR PUSTAKA

Herlambang, Susatyo (2018) Custumer Service Rumah Sakit dan Jasa Kesehatan Cara sukses melayani pelanggan di dunia kesehatan. Gosyen Publising, Sleman Jogyakarta.
Hendra Kusuma dan Merri Anita Sari, Analisis Kepuasan Masyarakat Atas Kualitas Pelayanan Kepolisian Pada Kantor Direktorat Intelijen Keamanan PolisiI Daerah Bengkulu
Hasibuan, S.P. Malayu. 2005. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta. Bumi Aksara.
Moenir. H.A.S. 2002. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta. Bumi Aksara.
Salahuddin, (2014) Persepsi Masyarakat Tentang Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Kecamatan Nunukan Selatan Pemerintah Kabupaten Nunukan, eJournal Administrative Reform, Vol 2 No.3. tahun 2014: 1663-1676
Suandi, (2019), Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan Publik berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Balitang Kabupaten Oku Timur. Journal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK), Vol 1 no 2 Edisi Maret 2019 ISSN :2654-3141
Sugiyono, (2017), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Alfabeta
Tjiptono, Fandy. 2008. Service Management. Yogyakarta. Andi Offset.
Permen PAN RB Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik;
Waskito, J.dkk, (2020) Tingkat kepuasan Masyarakat Terhadap pelayanan Kepolisian resor Brebes. Jurnal Performance Volume 27.62-75

Submitted

2022-03-02

Published

2022-03-08

How to Cite

Setiawati, B. (2022). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KINERJA PELAYANAN KEPOLISIAN RESORT BALANGAN. PubBis : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik Dan Administrasi Bisnis, 6(1), 74–85. https://doi.org/10.35722/pubbis.v6i1.583

Issue

Section

Artikel