KUALITAS PELAYANAN PROGRAM PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIK LENGKAP DI WILAYAH KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Dede Rahman MAP Unlam Banjarmasin
  • Muhammad Riduan Syafari Program Studi Magister Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
  • Taufik Arbain Program Studi Magister Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.35722/pubbis.v6i1.568

Keywords:

kualitas pelayanan, pendaftaran tanah sistematik lengkap, PTSL, standar kualitas pelayanan, pelayanan publik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kualitas pelayanan program pendaftaran tanah sistematik lengkap/PTSL di wilayah Kantor Pertanahan Kabupaten Tabalong dan mengidentifikasi faktor-faktor penghambat program pendaftaran tanah sistematik lengkap/PTSL di wilayah Kantor Pertanahan Kabupaten Tabalong. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan tiga teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan standar kualitas pelayanan publik bahwa kualitas pelayanan pendaftaran tanah sistematik lengkap (PTSL) yang dilakukan di internal Kantor Pertanahan telah sesuai dengan standar pelayanan publik karena merupakan suatu rangkaian kegiatan pelayanan dan kualitas pelayanan pendaftaran tanah sistematik lengkap (PTSL)  yang memerlukan respon publik telah memenuhi standar pelayanan publik. Berdasarkan ciri kualitas pelayanan publik yang baik bahwa kualitas pelayanan pendaftaran tanah sistematik lengkap (PTSL) yang dilakukan di internal Kantor Pertanahan telah memenuhi ciri kualitas dalam hal ketepatan waktu dan kualitas pelayanan pendaftaran tanah sistematik lengkap (PTSL) yang memerlukan respon publik telah memenuhi ciri pelayanan publik yang baik yaitu ketepatan waktu, akurasi pelayanan, kesopanan, kemudahan dalam pelayanan, kenyamanan dalam pelayanan. Berdasarkan dimensi kualitas pelayanan publik atau SERVQUAL, kualitas pelayanan pendaftaran tanah sistematik lengkap (PTSL)  yang dilakukan Kantor Pertanahan telah memenuhi dimensi tangiables (fisik), dimensi reliability (kehandalan), dimensi responsiveness (daya tanggap), dimensi assurance (jaminan), dimensi emphaty (memahami). Faktor penghambat dalam pelayanan program pendaftaran tanah sistematik lengkap di wilayah Kantor Pertanahan Kabupaten Tabalong : kurang pemahaman terhadap prosedural kegiatan PTSL, pelaksanaan asas Kontradiktur Delimitasi di lapangan, pemanfaatan teknologi  informasi  dan SDM, sarana dan prasarana pendukung kegiatan PTSL dan  pengaruh pandemi Covid 19.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap, Standar Kualitas Pelayanan Publik

References

Atik dan Ratminto. 2005. Manajemen Pelayanan disertai dengan pengembangan model konseptual, penerapan citizen’s charter danstandar pelayanan minimal. Yogyakarta : Pustaka
Dwiyanto, Agus. 2008. Mewujudkan Good Governance Melalui PelayananPublik. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.
Gunawan. 2008. Kualitas Pelayanan di Galeri Indosat Kotabaru Yogyakarta.Digital Library Fisipol UGM. Jurusan Ilmu Adm. Negara. Yogyakarta
Hardiansyah, 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gava Media
Harsono,Boedi.2007.Hukum Agraria Indonesia Sejarah Pembentukan Undang-Undang Pokok Agrarian, Isi Dan Pelasanaanya.Jakarta: Djambatan
Kartasasmita, Ginanjar. 1997. Administrasi PembangunanPerkembangan Pemikiran Dan Praktiknya DiIndonesia.Jakarta:PT.Pustaka LP3ES Indonesia
Kotler, Philips . 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT Prenhalindo
Lijan Poltak Sinambela, dkk. 2006. Reformasi Pelayanan Publik:Teori,Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Miles, Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif (alih bahasa Tjejep Rohendi Rohidi). Jakarta : Universitas Indonesia-Pres
Moleong,LexyJ.2007.MetodologiPenelitia nKualitatif.Bandung : Remaja Rosdakarya
.2008.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT.Remaja Rosdakarya
Mujiburohman, Dian Aries. 2018.Potensi Permasalahan PTSL.Yogyakarta :Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional Yogyakarta.
Nugroho, Aristiono (et.al.). 2012. Pengetahuan Ringkas Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta:STPN
Nugroho, Aristiono. 2015. Handbook Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta (tidak dipublikasikan)
Ratminto&Winarsih, Atik Septi. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Sugiyono.2007.Metode Peneltian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Penerbit Alfabeta
.2013.Metode Peneltian Pendidikan. Bandung:Penerbit Alfabeta
.2013.Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung :Penerbit Alfabeta
.2013.Metode penelitian Manajemen. Bandung: Penerbit Alfabeta
Tjiptono, Fandi. 2003. Total Quality Management. Revisi ed. Yogyakarta
Winduaji, Danang Kurniawan. 2007. Kualitas Pelayanan Instalasi Gawat Darurat RSUD Wates (version 1.0). Digital Library Fisipol UGM Jurusan Ilmu Adm. Negara. Yogyakarta
Undang-Undang Nomor 5Tahun 1960 tentang Undang-Undang tentang Peraturan Dasar Pokok PokokAgraria, LN No.104 tahun 1960,TLN No.2043
Undang-Undang No 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
Peraturan PemerintahNo.24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah, LN No.59 tahun 1997,TLN No.3696
Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN No. 35 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap
Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN Nomor 1 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN No. 35 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap
Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN Nomor 12 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN Nomor 1 Tahun 2017 Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap
Permenpan No.14 Tahun 2017 Tentang pedoman penyusunan survey kepuasan masyarakat unit penyelengaaraan pelayanan publik.
Komputerisasi Kantor Pertanahan Kab.Tabalong
Buku Petunjuk Teknis PTSL 2020

Submitted

2021-12-22

Accepted

2022-02-21

Published

2022-03-08

How to Cite

Rahman, D., Riduan Syafari, M., & Arbain, T. (2022). KUALITAS PELAYANAN PROGRAM PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIK LENGKAP DI WILAYAH KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN TABALONG. PubBis : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik Dan Administrasi Bisnis, 6(1), 26–38. https://doi.org/10.35722/pubbis.v6i1.568

Issue

Section

Artikel