Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis signifikansi pengaruh Human Capital, Structural Capital, dan Customer Capital Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Di Kabupaten Tabalong. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif menggunakan regresi linear ganda sebagai teknik analisis data dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bebas (Human Capital, Structural Capital, dan Customer Capital) berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat (Kinerja Perusahaan), baik secara parsial maupun secara simultan. Variabel Structural Capital memiliki nilai koefisien terbesar, menjadikannya sebagai varibel dominan yang mempengaruhi variabel Kinerja Perusahaan. Nilai Adjusted R Square menunjukkan nilai sebesar 0,769 atau besarnya pengaruh Human Capital, Structural Capital, dan Customer Capital terhadap Kinerja Perusahaan adalah 76,9%, sedangkan 23,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar tiga variabel bebas tersebut.


Kata Kunci : Human Capital, Structural Capital, Customer Capital, Kinerja Perusahaan