Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pegawai di Sekretariat DPRD Kabupaten Barito Utara dan mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi dalam meningkatkan dalam meningkatkan kinerja pegawai di Sekretariat DPRD Kabupaten Barito Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari informan dan data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya dideskripsikan dan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif yang memberikan gambaran mengenai Kinerja Pegawai Di Sekretariat DPRD Kabupaten Barito Utara dengan tiga tahap yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja Pegawai Di Sekretariat DPRD Kabupaten Barito Utara menunjukan indicator yang belum optimal, hal ini terlihat indikator-indikator  Produktivitas, Kualitas Layanan, Responsivitas, Responsibilitas dan Akuntabilitas faktor yang Mempengaruhi yaitu Faktor Kedisiplinan dan Faktor Kemampuan. Penelitian ini merekomendasikan kepada Sekretariat DPRD Kabupaten Barito Utara mengadakan evalausi kinerja pegawai untuk meningkatkan kinerja sehingga dapat berjalan lebih maksimal dan efektif dan memperhatikan kendala-kendala yang sering dihadapi, yaitu dengan melakukan perencanaan yang lebih baik, kreatif dan lebih inovatif. Dari perencanaan yang baik inilah diharapkan partisipasi Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara muncul dan berdampak optimal serta memberikan kepuasan tersendiri bagi Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara.


Kata Kunci : Kinerja, Kinerja Pegawai