PENGARUH INOVASI PRODUK DAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA (Studi Pada UMKM Bidang Kuliner Di Kabupaten Tabalong)

Authors

  • Shinta Avriyanti Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

DOI:

https://doi.org/10.35722/pubbis.v6i1.582

Keywords:

inovasi produk, bisnis digital, E-COMMERCE, umkm, teknologi informasi, usaha, covid 19

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan besarnya pengaruh Inovasi produk, Teknologi Informasi Terhadap Perkembangan Usaha di tengah Pandemi Covid-19 (Studi Pada UMKM Bidang Kuliner di Kabupaten Tabalong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kuantitatif, dengan alat analisis data menggunakan analisis GeSCA (Generalyzed Structured Component Analysis).

Target khusus penelitian ini, diharapkan dapat memberikan manfaat kepada pelaku UMKM di Kabupaten Tabalong dalam mengembangkan usahanya. Tujuan jangka panjang hasil penelitian ini, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi instansi terkait Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Tabalong dalam melakukan pembinaan, pelatihan dan bantuan yang dapat dilakukan agar UMKM di Tabalong dapat berkembang dan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh inovasi produk terhadap perkembangan usaha di tengah Pandemi Covid-19 pada UMKM bidang kuliner di Kabupaten Tabalong; 2) Tidak terdapat pengaruh teknologi informasi terhadap perkembangan usaha di tengah Pandemi Covid-19 pada UMKM bidang kuliner di Kabupaten Tabalong; 3) Besarnya pengaruh inovasi produk dan teknologi informasi terhadap Perkembangan Usaha pada UMKM bidang kuliner di Kabupaten Tabalong adalah sebesar 59,8%, sisanya sebesar 40,2% dipengaruhi oleh variabel lainnya di luar dari variabel yang diuji.

Kata Kunci : Inovasi produk, Bisnis digital, E-commerce, UMKM digital, Teknologi Informasi, Perkembangan usaha, Covid-19

References

Ahmad Zafrullah Tayibnapis, L. E. (2019). Pentingnya Inovasi dan Kreatifitas Era Teknologi Digital. Seminar Nasional dan Call for Papers (SENIMA 4), 532-539.
Amri, A. (2020, Juni). DAMPAK COVID-19 TERHADAP UMKM DI INDONESIA. Jurnal Brand, 2(1), 123-130.
Andre Hermanto, A. Z. (2016). Strategi Pengembangan UKM Berbasis Inovasi Di Provinsi Jawa Timur: Periode 2010-2014. Jurnal Ekonomi dan Bisnis: Berkala Publikasi Gagasan Konseptual, Hasil Penelitian, Kajian, dan Terapan Teori, 20(2), 93-106.
Anggia, M. N. (2018). Strategi Media Sosial Untuk Pengembangan UMKM. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 2(2), 159-170.
Arianto, B. (2020, Desember 2). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 233-247.
Asmani, J. M. (2011). Tips Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta: DIVA Press.
Avriyanti, S. (2018). Pengaruh Sumber Daya Manusia dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Pada UKM Yang Terdaftar Pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Tabalong). Jurnal PubBis.
Avriyanti, S. (2020). Peran E-Commerce Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Di Era Industri 4.0 (Studi Pada Ukm Yang Terdaftar Pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Tabalong). Jurnal PubBis, 4(1), 82-99.
Avriyanti, S. (2021). Strategi Bertahan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19 Dengan Memanfaatkan Bisnis Digital (Studi Pada UKM yang Terdaftar Pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Tabalong). Jurnal PubBis, 5(1), 60-73.
Bakhri, S. &. (2020). Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Melalui Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social, 2(2), 59-70.
Bastian, A. (2015). Analisis Strategi Bisnis dan Perancangan Strategis Sistem Informasi pada Perguruan Tinggi Swasta (Studi Kasus: Universitas Majalengka). Infotech Journal, 1(1), 55-61.
C. Lestari, N. L. (2015, Maret). Pengaruh Jaringan Usaha, Inovasi Produk Dan Persaingan Usaha Terhadap Perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Studi pada IKM Makanan di Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan Jawa Barat). Jurnal JIAB, 4(2), 185-196.
covid19.go.id. (2021). From https://covid19.go.id/peta-sebaran
covid19.tabalongkab.go.id. (2021). From https://covid19.tabalongkab.go.id/
Elia, G. M. (2020). Digital entrepreneurship ecosystem: How digital technologies and collective intelligence are reshaping the entrepreneurial process. Technological Forecasting and Social Change. 150, 119791.
Galbraith, J. (1973). Designing Complex Organizations. Addison-Wesley Longman Publishing Co., Inc.
Garvin, D. A. (1998). Managing Quality: The Strategic and Competitive Edge. The Free Press.
Giones, F. &. (2017). Digital technology entrepreneurship: A definition and research agenda.Technology Innovation Management Review. 7(5).
Grandon, E. &. (2004). Electronic commerce adoption: an empirical study of small and medium US businesses. Information & Management, 41(1), 197-216.
Hadiyati, E. (2011). Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahan, 13(1), 8-16.
Handari, N. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: UGM Press.
Hardilawati, W. L. (2019). The Role of Innovation and E-Commerce in Small Business. 373, 83–87.
Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19The Survival Strategy Of Smes During The Covid-19 Pandemic. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, 10(1), 89-98.
Hendrawan, A. S. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 53-60. From http://www.jurnal.stiks-tarakanita.ac.id/index.php/JAK/article/view/189/136
Idah, Y. M. (2019). Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM. Prosiding, Jurnal LPPM Unsoed, 9(1).
ind-jek.com. (2020). From ind-jek.com: https://www.ind-jek.com/
Indrawan, R. &. (2014). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran untuk manajemen, pembangunan, dan pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Indriasari, D. d. (2008). Pengaruh Kapasitas Sumber Daya Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Pengendalian Intern Akuntansi Terhadap Nilai Informasi Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah. Simposium Nasional Akuntansi, XII. Pontianak.
Jermias, J. (2008). The relative influence of competitive intensity and business strategy on the relationship between financial leverage and performance. The British Accounting Review, 40(1), 71-86.
Kala’lembang, A. (2020, September). Adopsi E-Commerce Dalam Mendukung Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Masa Pandemi Covid-19. Capital. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 4(1), 54-65.
Kaplan, A. (2012). Invited Comment On The Theme Of the Special Issue Social Media: Back to the Roots and Back to the Future. Journal of Systems and Information Technology, 14(2), 101-1-4.
Kartika Putri, A. P. (2014, Agustus). Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan, Modal Usaha Dan Peran Business Development Service Terhadap Pengembangan Usaha. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(4), 313-322.
Keeh, H. T. (2007, Juli). The Effects of Entrepreneurial Orientation and Marketing Informationon the Performance of SMEs. Journal of Bussines Venturing, 22(4), 592-611.
Keller, K. d. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1 (13 ed.). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. d. (2012). Principles of Marketing (15th ed.). . Pearson Education Limited.
Kurniawan, P. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh. Jurnal Kompetensi, 11(2), 217-225.
Larsen, P. &. (2007). How award-winning SMEs manage the barriers to innovation. Creativity and Innovation Management, 16(2), 142-151.
Laudon, K. C. (2016). E-commerce 2016: Business, technology, society. In Global Edition. www.pearsonglobaleditions.com.
Lipi.go.id. (2020). From http://lipi.go.id/siaranpress/membangkitkan-umkm-di-masa-pandemi-dengan-inovasi-dan-teknologi/22212
Lipi.go.id. (2020). From http://lipi.go.id/siaranpress/membangkitkan-umkm-di-masa-pandemi-dengan-inovasi-dan-teknologi/22212
Lupiyoadi. (2012). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.
Mongold, W. &. (2009). Social Media the New Hybrid Element of the Promotional Mix. The Business Horizon, 52(4), 357-365.
Muafi & Roostika, R. (2014). Organizational Performance and Competitive Advantage Determinants of Creative SMEs. European Journal Of Economics And Management, 1(2), 7-25.
Nambisan, S. (2017). Digital entrepreneurship: Toward a digital technology perspective of entrepreneurship. Entrepreneurship Theory and Practice, 41(6), 1029-1055.
Nasution, L. (2020). Efektifitas HKI Sebagai Pelindung Industri Kreatif dan UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19. Buletin Hukum dan Keadilan, 4(1), 238-250.
Nurrohmah, I. (2015). Analisis Perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Sebelum dan Sesudah Menerima Pembiayaan Musyarakah pada Koperaasi Jasa Keuangan Syariah BMT (Studi Kasus: BMT Beringharjo Yogyakarta). Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 4(5), 1160-1168.
O'Brien, J. (2003). The Capital Structure Implications of Persuing a Strategy of Innovation. Strategic Management Journal, 24(5), 415-431.
Orapin, l. (2009). Factor influencing internet shopping behaviour: a survey of consumers in Thailand. Journal of Fashion Marketing and Management, 13(4), 510-513.
Pakpahan, A. K. (2020). COVID-19 dan Implik asi Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. 20.
Pariyem. (2019). VARIABEL DETERMINANT PENGEMBANGAN UMKM ( Usaha Mikro, kecil dan Menengah) DI PASAR SRONDOL.
portal.tabalongkab.go.id. (2020, September 30). From portal.tabalongkab.go.id: https://portal.tabalongkab.go.id/2020/09/diskop-038-ukm-terus-tambah-kuota-calon-penerima-banpres-hingga-6-ribu-pelaku-usaha
Prabowo, W. A. (2018). Pengaruh Digital Marketing terhadap Organizational Performance Dengan intellectual Capital Dan Perceived Quality sebagai Variabel Intervening Pada Industri Hotel Bintang Tiga Di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 101–112.
Pradana, M. (2016). Klasifikasi Bisnis E-Commerce Di Indonesia. Modus, 27(2), 163. doi:https://doi.org/10.24002/modus.v27i2.554
Praditya, A. (2019). Pengaruh Media Sosial Dan Komunikasi Bisnis Terhadap Perkembangan Bisnis Online Shop. Jurnal Semarak, 2(1), 31-43.
Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212-231.
Purwana, D. R. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.
Putra, I. N. (2019). Sentuhan Digital Bisnis (Teknologi Informasi) pada UMKM Studi Kasus: Pemasaran Produk Adi Upakara. International Journal of Natural Science and Engineering, 3(2), 79-84.
Rambat, L. (2004). Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktek. Jakarta: PT Salemba Empat.
Riyadi, M. A. (2014). Pengaruh Kepercayaan dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 1-7.
Rosmadi, M. L. (2021, Maret). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1), 122-127.
Rusdiono. (2019). Peran Media Sosial Sebagai Upaya Pemasaran Bisnis Online Shop Pada Online Shop Antler MakeUp @antler.makeup. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, 3(2), 195-202.
Schiemann, W. A. (2011). Aligment Capability Engagement. Jakarta: PPM Manajemen.
Setiadi, N. J. (2010). Perilaku Konsumen. Cetakan 4. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana.
Setyanto, A. R. (2015). Kajian Strategi Pengembangan UMKM Melalui Media Sosial (Ruang Lingkup Kampung Batik Laweyan). Sustainable Competitive Advantage (SCA), 5(1).
Setyorini, D. N. (2019). Pengaruh Transaksi Online (e-Commerce) Terhadap Peningkatan Laba UMKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat). Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online), 3(5), 501–509.
Singh, T. J. (2008). Blogging: A New Play in Your Marketing Game Plan. The Business Horizon, 51(4), 281-292.
Sumarni, T. &. (2020). Media Sosial dan E-commerce sebagai Solusi Tantangan Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: UMKM Warung Salapan). ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 163-171.
Suryana. (2014). Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.
Sutarman. (2009). Pengantar teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Suwarni, E. S. (2019). Peluang dan Hambatan Pengembangan Usaha Mikro pada Era Ekonomi Digital. Ikra-Ith Ekonomika, 2(2), 29-34.
Taufik, &. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Bisnis dan Eksistensi Platform Online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(1), 21-32.
Ulya, F. &. (2020). Pengembangan UMKM Kota Surabaya di Era Industri 4.0 melalui Penerapan Financial Technology. Jurnal Pengabdian Masyarakat ITS NU Pasuruan, 1(01), 11-17.
Widyaningrum, P. W. (2016). Peran Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran pada Sewa Kostum Meiyu Aiko Malang. Jurnal Al Tijarah, 2(2), 230-257.
Wilkinson, J. W. (2000). Accounting Information Systems Fourth Edition. New York: John Wiley & Sons.
Wiratmo, M. (2001). Pengantar Kewirausahaan Kerangka Dasar Memasuki Dunia Bisnis. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan, Cetakan 1. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

PP Nomor 21 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar
Perbup Tabalong Nomor 18 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Tabalong Nomor 26 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Peningkatan Protokol Kesehatan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Dalam Tatanan Masyarakat yang Produktif dan Aman di Kabupaten Tabalong

Submitted

2022-02-28

Published

2022-03-08

How to Cite

Avriyanti, S. (2022). PENGARUH INOVASI PRODUK DAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA (Studi Pada UMKM Bidang Kuliner Di Kabupaten Tabalong). Jurnal PubBis, 6(1), 61–73. https://doi.org/10.35722/pubbis.v6i1.582

Issue

Section

Artikel