INITIATION CREATIVE ECONOMY SDM LEARN METHOD THROUGH DEVELOPMENT ABOUT DIGITAL ECONOMY TECHNOLOGY INFORMATICS CLINIC (KEDILOKA)

Authors

  • heri eko prasetyo kementerian komunikasi dan informatika

DOI:

https://doi.org/10.35722/pubbis.v6i1.490

Keywords:

Pengembangan SDM Ekonomi Kreatif, Strategi Pelayanan, Klinik Ekonomi Digital Teknologi Komunikasi dan Informatika (KEDILOKA)

Abstract

Peningkatan Kesadaran Publik akan pentingnya pelayanan membuat masyarakat menuntut setiap lembaga publik/ swasta memberikan pelayanan optimal di segala aspek kehidupan. Dalam perihal strategi pelayanan masyarakat agar optimal salah satunya dengan meningkatkan sumberdaya manusia dengan meginiasi wacana pembangunan Klinik Ekonomi Digital Teknologi Komunikasi dan informatika (KEDILOKA) sebagai bentuk berbagai strategi pelayanan pada masyarakat dalam pengembangan keterampilan/ pemberdayaan.

 

Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif yang menggambarkan objek penelitian (Moleong, 2009) penelitian menekankan pada kualitatif yang memandang realitas sosial. Penelitian dikembangkan di tempat penulis pernah bekerja di Pusat Layanan Usaha Terpadu Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Malang yang dicoba dipadukan dengan Rumah Kreatif BUMN (RKB) PT. Telekomunikasi Indonesia sebagai wujud percontohan dalam mengembangkan Kualitas Sumber Daya Manusia dalam bidang Ekonomi Digital Komunikasi dan Informasi. Dengan pola Amati, Tiru dan Modifikasi (ATM), strategi pengembangan struktur, penyederhanaan prosedur, infrastruktur, budaya, dan kewirausahaan mencoba untuk dilakukan dan dikembangkan dengan lebih baik. Pengumpulan data penelitian pengukuran terhadap fenomena sosial, melalui observasi, wawancara, dokumentasi, buku dan catatan (Sugiyono, 2004).

 

Hasil penelitian ini, diharapkan dapat menginisasi bentuk dan pemetaan pembangunan kelembagaan yang berorientasi pelayanan masyarakat pada perihal peningkatan Ekonomi dan UMKM melalui Klinik Ekonomi Digital Komunikasi dan Informatika. Strategi pelayanan pengembangan struktur organisasi menjadi lebih efisien. Strategi pengembangan perbagai program pelayanan dan konsultasi bisnis serta jejaring pasar melalui digital lebih baik, mudah, cepat, terarah dan satu pintu. Strategi pengembangan infrasruktur menyangkut penyediaan sarana dan prasaranan pelayanan yang mendukung penyediaan fasilitas. Strategi pengembangan kewirausahaan menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan, membuka ruang kesempatan menggali sumber pendapatan, dan tentunya akan menambah sisi pendapatan Produk Domestik Bruto (PDB) yang besar.

References

Abu Huraihah.2008. Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat Model dan Strategi Pembangunan yang Berbasis Kerakyatan. Bandung : Humaniora.hlm. 82.

Afifudin dan Beni Ahmad. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Pustaka Setia
Ashariyadi. 2016. “Mewujudkan UMKM Berdaya Saing di Era MEA”. Majalah Masyarakat Aean Edisi 12 :4-5

Astuti, M.A, Catur, Sulistyowati, Q., Udisubakti, Putu Dana K. Peningkatan Produktivitas Usaha Kecil & Menengah (UKM) Berbasis Technology Content Untuk Mendukung Pelaksanan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (mp3ei) 2011-2025. Prosiding Call for Paper 2013 : Bidang Studi Pembangunan
Dinda Audriene Mutmainah : 2019 “Kontribusi UMKM terhadap PDB Tembus Lebih Dari 60 Persen””’ CNN Indonesia diakses dari https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/2016 1121122525-92174080/kontribusi-umkm-terhadap-pdb-tembus-lebih-dari60-persen/ diakses pada tanggal 30 Agustus 2019

Donald C.L. Mochamad S.T, Ami F.U, Achmad Ghazali. 2016. Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM di Indonesia : Validasi Kuantitatif Model’’. Jurnal Manajemen Teknologi, 15(10:77-93

Hardiansyah,2011. Kualitas Pelayanan Publik. BumiAksara, Jakarta.
Kuncoro, Mudrajad. 2007. Ekonomika Industri Indonesia : Menuju Negara Industri Baru 2030?. Yogyakarta : Penerbit Andi

LPPI dan BI. Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah ( UMKM). Diakses dari www.bi.go.id. Pada tanggal 30 Agustus 2019

Moleong, 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Patilima, Hamid. 2007. Metode Penelitian Kualitatif Jakarta : Alfabeta

Sinabela, 2007. Reformasi Pelayanan Publik. Bumi Aksara, Jakarta.

Sirajuddin, 2007. Hukum Pelayanan Publik Berbasis Partisipasi dan Keterbukaan. Pelajar Pustaka. Yogyakarta
Sugiyono,2006. Metode Penelitian Administrasi, Ed-VI, Alfabeta, Bandung.
Yuniarti. 2013. Pendekatan Ekonomi Dalam Politik Internasional. Interdependence – Jurnal Hubungan Internasional

Submitted

2021-11-13

Accepted

2022-02-21

Published

2022-03-08

How to Cite

prasetyo, heri eko. (2022). INITIATION CREATIVE ECONOMY SDM LEARN METHOD THROUGH DEVELOPMENT ABOUT DIGITAL ECONOMY TECHNOLOGY INFORMATICS CLINIC (KEDILOKA). PubBis : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik Dan Administrasi Bisnis, 6(1), 49–60. https://doi.org/10.35722/pubbis.v6i1.490

Issue

Section

Artikel