STRATEGI BERTAHAN BISNIS DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DENGAN MEMANFAATKAN BISNIS DIGITAL (STUDI PADA UKM YANG TERDAFTAR PADA DINAS KOPERASI, USAHA KECIL DAN MENENGAH KABUPATEN TABALONG)

Authors

  • Shinta Avriyanti Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

DOI:

https://doi.org/10.35722/pubbis.v5i1.380

Keywords:

bisnis digital, e-commerce, UMKM digital, Teknologi Informasi, UMKM, Market Place, Online Shop, digital, bisnis, pemasaran, pemasaran digital, 2020, 2021

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis Strategi Bertahan Bisnis Di Tengah Pendemi Covid-19 Dengan Memanfaatkan Bisnis Digital pada usaha kecil dan menengah (UKM) yang terdaftar pada dinas koperasi, usaha kecil dan menengah kabupaten Tabalong. Meningkatnya kasus yang disebabkan oleh Covid-19 ini sangat merugikan bagi semua sektor bisnis di Kabupaten Tabalong, dikarenakan usaha yang mereka jalankan mengalami kerugian yang cukup besar serta tidak bisa berkembang. Selain itu, banyaknya pemutusan hubungan kerja (PHK) sehingga meningkatnya jumlah pengangguran yang menyebabkan menurunnya daya beli masyarakat. Salah satu strategi bisnis yang dapat digunakan oleh pelaku UMKM adalah penerapan internet dalam bidang bisnis dan perdagangan yaitu melalui pemanfaatan teknologi dengan skema digitalisasi. Strategi bisnis digital ini dengan memanfaatkan market place sebagai perantara dan menggunakan media sosial sebagai pemasarannya.  

Salah satu kunci keberhasilan pelaku UMKM digital di Kabupaten Tabalong yaitu harus cepat melakukan transformasi digital dalam penjualan produk dan jasanya. Dengan demikian, strategi bisnis dengan memanfaatkan bisnis digital ini dapat menjadi salah satu alternatif dalam strategi bertahan UMKM di tengah pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan berbagai literatur mengenai bisnis digital dan e-commerce.

Dengan demikian penelitian ini berpendapat bahwa pengembangan strategi bisnis digital dapat menjadi alternatif strategi bertahan untuk UMKM di Kabupaten Tabalong pada masa pandemi Covid-19 saat ini dengan cara mendorong peran serta stakeholder dalam hal ini yaitu perusahaan swasta, Pemerintah Daerah dan juga perguruan tinggi untuk bisa menggandeng UMKM agar bisa lebih cepat untuk melakukan transformasi digital, pelaku UMKM di Kabupaten Tabalong melakukan penjualan melalui e-commerce karena konsumen sekarang ini banyak beralih ke pembelian secara online, pelaku UMKM di Kabupaten Tabalong melakukan pemasaran produk dengan memanfaatkan teknologi digital (digital marketing) untuk dapat menjangkau lebih banyak konsumen dan melakukan perbaikan kualitas produk dan kualitas pelayanannya dengan memberikan pelayanan secara online melalui delivery order.

Kata Kunci : Bisnis digital, E-commerce, UMKM digital, Teknologi Informasi., Covid-19

References

Anggia, M. N. &. S. M. R., 2018. Strategi Media Sosial Untuk Pengembangan UMKM. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 2(2), pp. 159-170.
Arianto, B., 2020. Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 2 Desember, 6(2), pp. 233-247.
Avriyanti, S., 2018. Pengaruh Sumber Daya Manusia Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Pada UKM Yang Terdaftar Pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Tabalong). Jurnal PubBis, 2(2), pp. 182-195.
Avriyanti, S., 2020. Peran E-Commerce untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Di Era Industri 4.0 (Studi Pada UKM Yang Terdaftar Pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Tabalong. Jurnal PubBis, 4(1), pp. 82-99.
Bakhri, S. &. F. V., 2020. Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Melalui Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social, 2(2), pp. 59-70.
Bastian, A., 2015. Analisis Strategi Bisnis dan Perancangan Strategis Sistem Informasi pada Perguruan Tinggi Swasta (Studi Kasus: Universitas Majalengka). Infotech Journal, 1(1), pp. 55-61.
Bisnis.com, 2020. [Online]
Available at: https://ekonomi.bisnis.com/read/20200908/12/1288568/umkm-didorong-adaptasi-di-masa-pandemi-go-digital
covid19.go.id, 2021. [Online]
Available at: https://covid19.go.id/peta-sebaran
covid19.tabalongkab.go.id, 2021. [Online]
Available at: https://covid19.tabalongkab.go.id/
Depkop.go.id, 2020. [Online]
Available at: http://www.depkop.go.id/read/empat-langkah-transformasi-digital-pelaku-umkm
Elia, G. M. A. &. P. G., 2020. Digital entrepreneurship ecosystem: How digital technologies and collective intelligence are reshaping the entrepreneurial process. Technological Forecasting and Social Change. Volume 150, p. 119791.
Garvin, D. A., 1998. Managing Quality: The Strategic and Competitive Edge. s.l.:The Free Press.
Giones, F. &. B. A., 2017. Digital technology entrepreneurship: A definition and research agenda.Technology Innovation Management Review. 7(5).
Grandon, E. &. P. J., 2004. Electronic commerce adoption: an empirical study of small and medium US businesses. Information & Management, 41(1), pp. 197-216.
Hardilawati, W. L., 2019. The Role of Innovation and E-Commerce in Small Business. Volume 373, p. 83–87.
Hardilawati, W. L., 2020. Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19The Survival Strategy Of Smes During The Covid-19 Pandemic. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, 10(1), pp. 89-98.
Hendrawan, A. S. H. C. K. I. &. R. A., 2019. Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), pp. 53-60.
Idah, Y. M. &. P. M., 2019. Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM. Prosiding, Jurnal LPPM Unsoed, 9(1).
Indrawan, R. &. Y. P., 2014. Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran untuk manajemen, pembangunan, dan pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Jermias, J., 2008. The relative influence of competitive intensity and business strategy on the relationship between financial leverage and performance. The British Accounting Review, 40(1), pp. 71-86.
Kaplan, A., 2012. Invited Comment On The Theme Of the Special Issue Social Media: Back to the Roots and Back to the Future. Journal of Systems and Information Technology, 14(2), pp. 101-1-4.
Kotler, P. d. A. G., 2012. Principles of Marketing (15th ed.). . In: s.l.:Pearson Education Limited.
Kurniawan, P., 2017. Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh. Jurnal Kompetensi, 11(2), pp. 217-225.
Laudon, K. C. &. T. C. G., 2016. E-commerce 2016: Business, technology, society. In Global Edition. s.l.:www.pearsonglobaleditions.com.
Lipi.go.id., 2020. [Online]
Available at: http://lipi.go.id/siaranpress/membangkitkan-umkm-di-masa-pandemi-dengan-inovasi-dan-teknologi/22212
Lipi.go.id, 2020. [Online]
Available at: http://lipi.go.id/siaranpress/membangkitkan-umkm-di-masa-pandemi-dengan-inovasi-dan-teknologi/22212
Liputan6.com, 2020. [Online]
Available at: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4346449/banyak-keuntungan-bagi-umkm-jika-go-digital-apa-saja
Merdeka.com, 2020. [Online]
Available at: https://www.merdeka.com/uang/menkop-teten-sebut-1025-juta-umkm-telah-bergabung-ke-platform-digital.html
Mongold, W. &. F. D., 2009. Social Media the New Hybrid Element of the Promotional Mix. The Business Horizon, 52(4), pp. 357-365.
Nambisan, S., 2017. Digital entrepreneurship: Toward a digital technology perspective of entrepreneurship. Entrepreneurship Theory and Practice, 41(6), pp. 1029-1055.
O'Brien, J., 2003. The Capital Structure Implications of Persuing a Strategy of Innovation. Strategic Management Journal, 24(5), pp. 415-431.
OECD, 2020. SME Policy Responses. [Online]
Available at: https://read.oecd-ilibrary.org/view/?ref=119_119680-di6h3qgi4x&title=Covid-19_SME_Policy_Response
Orapin, l., 2009. Factor influencing internet shopping behaviour: a survey of consumers in Thailand. Journal of Fashion Marketing and Management, 13(4), pp. 510-513.
Pakpahan, A. K., 2020. COVID-19 dan Implik asi Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Volume 20.
Prabowo, W. A., 2018. Pengaruh Digital Marketing terhadap Organizational Performance Dengan intellectual Capital Dan Perceived Quality sebagai Variabel Intervening Pada Industri Hotel Bintang Tiga Di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), p. 101–112.
Pradana, M., 2016. Klasifikasi Bisnis E-Commerce Di Indonesia. Modus, 27(2), p. 163.
Praditya, A., 2019. Pengaruh Media Sosial Dan Komunikasi Bisnis Terhadap Perkembangan Bisnis Online Shop. Jurnal Semarak, 2(1), pp. 31-43.
Purbohastuti, A. W., 2017. Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), pp. 212-231.
Purwana, D. R. R. &. A. S., 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), pp. 1-17.
Putra, I. N. T. A. K. K. S. &. D. L. G. K., 2019. Sentuhan Digital Bisnis (Teknologi Informasi) pada UMKM Studi Kasus: Pemasaran Produk Adi Upakara. International Journal of Natural Science and Engineering, 3(2), pp. 79-84.
Riyadi, M. A. P. &. S. I., 2014. Pengaruh Kepercayaan dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), pp. 1-7.
Rusdiono, 2019. Peran Media Sosial Sebagai Upaya Pemasaran Bisnis Online Shop Pada Online Shop Antler MakeUp @antler.makeup. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, 3(2), pp. 195-202.
Setyanto, A. R. S. B. R. P. Y. P. &. S. A. M., 2015. Kajian Strategi Pengembangan UMKM Melalui Media Sosial (Ruang Lingkup Kampung Batik Laweyan). Sustainable Competitive Advantage (SCA), 5(1).
Setyorini, D. N. E. &. R., 2019. Pengaruh Transaksi Online (e-Commerce) Terhadap Peningkatan Laba UMKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat). Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online), 3(5), p. 501–509.
Singh, T. J. L. V. &. C. J., 2008. Blogging: A New Play in Your Marketing Game Plan. The Business Horizon, 51(4), pp. 281-292.
Sumarni, T. &. M. L. D., 2020. Media Sosial dan E-commerce sebagai Solusi Tantangan Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: UMKM Warung Salapan). ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), pp. 163-171.
Suwarni, E. S. K. &. M. A. H., 2019. Peluang dan Hambatan Pengembangan Usaha Mikro pada Era Ekonomi Digital. Ikra-Ith Ekonomika, 2(2), pp. 29-34.
Taufik, &. A. E. A., 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Bisnis dan Eksistensi Platform Online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(1), pp. 21-32.
Ulya, F. &. S. P. D., 2020. Pengembangan UMKM Kota Surabaya di Era Industri 4.0 melalui Penerapan Financial Technology. Jurnal Pengabdian Masyarakat ITS NU Pasuruan, 1(01), pp. 11-17.
Widyaningrum, P. W., 2016. Peran Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran pada Sewa Kostum Meiyu Aiko Malang. Jurnal Al Tijarah, 2(2), pp. 230-257.
Zed, M., 2008. Metode Penelitian Kepustakaan, Cetakan 1. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

PP Nomor 21 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar
Perbup Tabalong Nomor 18 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Tabalong Nomor 26 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Peningkatan Protokol Kesehatan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Dalam Tatanan Masyarakat yang Produktif dan Aman di Kabupaten Tabalong

Submitted

2021-03-28

Accepted

2021-03-30

Published

2021-03-31

How to Cite

Avriyanti, S. (2021). STRATEGI BERTAHAN BISNIS DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DENGAN MEMANFAATKAN BISNIS DIGITAL (STUDI PADA UKM YANG TERDAFTAR PADA DINAS KOPERASI, USAHA KECIL DAN MENENGAH KABUPATEN TABALONG). Jurnal PubBis, 5(1), 60–74. https://doi.org/10.35722/pubbis.v5i1.380

Issue

Section

Artikel