Abstract

Pada era globalisasi saat ini, perusahaan dituntut harus mempunyai SDM yang handal dan berkualitas agar memberikan kinerja yang maksimal. Faktor pertama yang mempengaruhi kinerja karyawan adalah faktor individu yang di dalamnya termasuk pengetahuan. Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja karyawan adalah dengan manajemen pengetahuan. Dengan memaksimalkan manajemen pengetahuan di perusahaan maka diharapkan mampu meningkatkan kinerja karyawan.


Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Manajemen Pengetahuan terhadap Kinerja Karyawan pada CV. Yazid Bersaudara Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong.


Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling yaitu sampling jenuh dengan jumlah populasi pada CV. Yazid Bersaudara yaitu 35 orang dan seluruhnya dijadikan sampel. Instrumen utama pengumpulkan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah analisis GeSCA (Generalized Structured Componen Analysis). Hasil pengujian hipotesis diuji dengan uji GeSCA menggunakan nilai Critical Ratio (CR).


Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Manajemen Pengetahuan terhadap Kinerja Karyawan pada CV. Yazid Bersaudara Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong dengan pengaruh sebesar 49,9% dan sisa nya 50,1% dipengaruhi oleh faktor lain seperti kompensasi, stress kerja, lingkungan kerja, gaya kepemimpinan dan lain sebagainya.


Kata Kunci: Manajemen Pengetahuan, Kinerja Karyawan