Abstract

 


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa Implementasi Disiplin Pegawai Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Barito Timur.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan jumlah informan sebanyak 8 orang.


Hasil dari penelitian ini yaitu, 1) Implementasi kebijakan absensi sidik jari di Satpol PP dan DAMKAR Kabupaten Barito Timur sudah berjalan optimal. 2) Implementasi kebijakan absensi sidik jari dilihat dari Sumber Daya, yaitu PNS di lingkungan Satpol PP dan DAMKAR Kabupaten Barito Timur sebelum diterapkan sudah mengetahui tentang penerapan absen elektronik dan mereka telah siap melaksanakannya 3) Pengawasan kepala dinas dalam implementasi kebijakan absensi sidik jari di lingkungan kerjanya sangat ketat 4) Koordinasi yang dilakukan kepala dinas dengan bawahannya terkait implementasi kebijakan absensi sidik jari sudah baik dengan selalu memantau dan menanyakan kepada bawahannya.


Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Absensi Sidik Jari, Disiplin PNS